PSA Group: Tim Baru Astra Peugeot Adalah The Winning Team

PSA Group: Tim Baru Astra Peugeot Adalah The Winning Team
OTOMOTIF | 28 Juni 2019 07:30 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Peluncuran mobil SUV premium, New Peugeot 5008, di pasar Indonesia, kemarin (27/6), turut dihadiri oleh perwakilan PSA Group, Maxime Simoncini, yang menjabat sebagai Area Manager for ASEAN (Asia Tenggara).

Berasal dari Perancis, PSA Group adalah prinsipal dan pemilik merek otomotif global, seperti Peugeot, Citroen, DS Automobiles, Opel, dan Vauxhall.

Kehadiran Simoncini terasa istimewa, karena PT Astra International-Peugeot Sales Operation (Astra Peugeot) memiliki manajeman baru sejak Mei lalu, dengan Rokky Irvayandi sebagai Chief Executive Astra Peugeot, dan Fredy Jeo sebagai Head of Sales.

Selain mempunyai manajemen baru, Astra Peugeot juga melakukan strategi baru seperti mengelola sendiri seluruh diler Peugeot di Indonesia dan memberikan layanan purnajual lebih baik seperti paket gratis perawatan berkala termasuk komponen dan jasa selama lima tahun atau 60 ribu kilometer.

Merdeka.com pun meminta komentar Simoncini terhadap manajemen dan strategi baru yang diterapkan Astra Peugeot, selaku agen pemegang merek Peugeot di Indonersia.

Sebelum menjawab itu, Simoncini memberikan apresiasi baik terhadap kinerja Andyka Susanto dan Constantinus Herlijoso, dua orang Chief Executive Astra Peugeot sebelumnya.

"Pada 2018, penjualan Peugeot di Indonesia naik dobel dari tahun sebelumnya, padahal hanya memasarkan satu model, SUV Peugeot 3008. Mereka menciptakan rekor bagus," ujar Simoncini di Astra Biz Center, BSD City, Tangerang, Banten, Kamis siang.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel Peugeot di Indonesia pada 2017 tercatat 33 unit. Namun, pada 2018 penjualan ritelnya meroket menjadi 141 unit, dan periode Januari-Mei 2019, penjualannya sudah mencapai 40 unit.

Menurut dia, PSA Group menyambut baik tim baru di Astra Peugeot, berikut dengan terobosan dan strategi baru. Harapannya, tim baru juga memiliki kemampuan baru untuk meningkatkan penjualan, pangsa pasar, dan brand awareness Peugeot di Indonesia.

"Kami tahu Rokky adalah profesional yang lama mengelola merek otomotif Daihatsu, sedangkan Fredy di BMW. Untuk Fredy, saya harap bisa membawa kesuksesannya di BMW ke Astra Peugeot. Mereka mempunyai kemampuan untuk memenuhi target kami di Indonesia," ucapnya.

Di tempat sama, Rokky menargetkan penjualan mobil New Peugeot 5008 mencapai 50 unit sejak hari ini hingga akhir tahun 2019.

The winning team

Lantas, apakah tim Astra Peugeot sekarang tim pemenang atau the winning team?

Simoncini menjawab sambil tersenyum lebar, "I think so. Peugeot in good hands," sambil pamit karena harus segera ke bandara.

Dijumpai di tempat sama, Fredy Jeo mengaku lama bekerja di Astra International-BMW Sales Operation sejak 2011 alias punya pengalaman sekitar 8 tahun memasarkan mobil BMW.

"Tantangan saya adalah meningkatkan brand awareness Peugeot di Indonesia yang saat ini masih lemah. Selain itu, bagaimana bisa memenuhi ekspektasi konsumen premium terhadap layanan purnajual Peugeot," pungkasnya. (mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5