'Rongsokan' superbike ini dilelang ratusan juta

'Rongsokan' superbike ini dilelang ratusan juta
OTOMOTIF | 10 Oktober 2013 17:21 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Tak punya roda, knalpot hampir habis dimakan karat, sadel alias joknya pun nyaris tak berbentuk. Begitulah kondisi Brough Superior SS80 besutan tahun 1939 ini.

Bagi orang-orang biasa mungkin akan memandang superbike produksi jaman pra-Perang Dunia ke-dua ini sebagai seonggok besi tua tak berharga. Namun bagi penggila motor klasik, kehadiran Brough Superior SS80 ini seperti mimpi yang jadi kenyataan.

Memang tak terlihat dari penampilannya sekarang, namun SS80 ini adalah sebuah superbike yang dirilis tahun 1922 dengan mesin V-twin 982 cc. Model ini juga pernah dikendarai oleh si pencipta, George Brough, kala adu cepat di lintasan Brooklands dengan rekor kecepatan mencapai 161 km/h. Brough sendiri berhasil memenangkan 51 race dari total 52 race yang ia ikuti dengan superbike ini.

Sayangnya, produksi motor yang dikenal dengan sebutan 'The Rolls-Royce of Motor Cycles' ini berhenti di awal tahun 1940, beberapa saat sebelum Perang Dunia Ke-II, dan tak lagi diproduksi. Selama hampir dua dekade beroperasi, hanya sekitar 3000 motor berhasil dibuat dan dipasarkan. Karena itulah, SS80 ini banyak dicari oleh para fans motor klasik.

Bakal dilelang oleh rumah lelang Bonham, pemilik 'rongsokan' SS80 ini mengaku bahwa ayahnya lah yang membawa pulang SS80 ini pada tahun 1964. Akan tetapi, setelah lebih dari 50 tahun disimpan, beberapa parts-nya mulai berkarat atau hilang entah kemana. Tapi jangan salah, biarpun begitu superbike ini masih bisa dilelang dengan harga ₤ 15.000 atau sekitar Rp 275 jutaan.

Untuk mengembalikan ketampanan superbike ini seperti pada masa keemasannya dulu, menurut lansiran dailymail, Kamis (10/10), akan membutuhkan biaya hingga ₤ 15.000 atau sekitar Rp 460 jutaan.

Bagi Anda yang juga penggila motor klasik dan berminat memiliki 'rongsokan' ini silahkan datang ke lelang yang diadakan oleh Bonham di Stafford Country Showground, inggris pada tanggal 20 Oktober besok.

(kpl/sno)

TOPIK TERKAIT
more tag

Sumber: Otosia.com

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami