Rupiah Terpuruk, Bridgestone Tak Latah Menaikkan Harga

OTOMOTIF | 9 September 2015 10:51 Reporter : Otosia.com Sumber:

Merdeka.com - Memburuknya kondisi ekonmi akibat terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap industri otomotif. Disamping bahan bahan baku dan ongkos produksi yang naik, ditambah daya beli masyarakat yang menurun membuat pelaku otomotif pusing tujuh keliling.

Situasi ini tidak lantas serta merta disikapi pemain otomotif untuk mengkoreksi kembali harga jual produknya di saat pasar tengah lesu. Seperti produsen ban terkemuka Bridgestone yang tidak langsung menaikkan harga kendati bahan baku dan ongkos produksi juga ikut terpenaruh situasi dolar naik.

"Harga ban kami masih tetap sama seperti tahun lalu. Kami belum ada rencana menaikkan harga di saat situasi ekonomi sulit seperti sekarang ini. Kami bisa memahami kondisi yang dihadapi para pelangan kami. Kami tetap berusaha semaksimal mungkin tidak menaikkan harga jual ban (mobil)," ujar Frankie Paduli, Assistant Director Sales and Marketing PT Bridgestone Tire Indonesia di sela-sela acara pelepasan 'Ecopia Go Indonesia' tahap kedua di Istana Basa Pagaruyung, Sumatera Barat, kemarin (8/9).

Meski harga ban produknya tidak naik, Bridgestone belum bisa memastikan sampai kapan harga lama akan bertahan. Jika situasi ekonomi belum juga menunjukkan tanda-tanda perbaikan, di sisi lain biaya pembuatan ban terus membengkak, bukan tak mungkin Bridgestone juga mengkoreksi harga jual.

"Kalau (ekonomi Indonesia) situasinya terus begini, kami juga akan punya pertimbangan-pertimbangan lain terhadap harga. Tapi kami pastikan saat ini ban kami harganya masih sama dengan tahun 2014," tandas Frankie.

Di Indonesia, dua produk Bridgestone yang cukup terkemuka adalah Ecopia dan Potenza. Ban Ecopia pertama kali diperkenalkan di Indonesia diantara negara kawasan Asia Tenggara lainnya dan diproduksi di pabrik Bridgestone Indonesia . Kehadirannya telah disambut hangat di seluruh dunia karena fitur-fitur terbaru dan terbaiknya.

Ban Ecopia memberikan nilai tambah dan keuntungan yang nyata kepada seluruh pengendara di Indonesia dengan tingkat kehematan energi dan ramah lingkungan yang tinggi. Selain itu, rendahnya hambatan gulir (low rolling resistance) pada ban yang pada gilirannya mengurangi emisi gas buang CO2 semakin mengukuhkan ban ini sebagai ban ramah lingkungan.

Sementara bebeapa waktu lalu, Bridgestone Indonesia memperkenalkan ban sport Potenza Adrenalin. Potenza Adrenalin RE003 hadir mulai ukuran ring 16 hingga 18 inch, dan dijual mulai dari Rp 1,466 juta hingga Rp 1,966 juta.

Ban Potenza Adrenalin RE003 didesain untuk memberikan pengendalian yang presisi dan kontrol maksimum, dan diproduksi dengan kombinasi kekuatan yang fokus pada traksi, stabilitas pengendalian serta respon yang sangat sensitif terhadap kondisi jalan yang kering tanpa mengorbankan pengendalian dan pengereman di lintasan basah.

Bridgestone Indonesia merupakan bagian dari Bridgestone Corporation. Bridgestone Indonesia memilik 2 pabrik di Bekasi dan Karawang serta fasilitas Proving Ground (lintasan uji coba) dan Education Center (pusat pelatihan). Fasilitas-fasilitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk serta servis kepada konsumenya. Seluruh produk Bridgestone Indonesia tersedia melalui jaringan distributor, Toko Model/TOMO (outlet resmi), Bridgestone Truck Center, BANDAG FCZ (Retread/Vulkanisir), dan lebih dari 1.500 toko yang menjual ban Bridgestone diseluruh Indonesia.

(kpl/nzr/lrs)

TOPIK TERKAIT

Sumber: Otosia.com