Saat Pasar Stagnan, Penjualan Mobil Penumpang Mitsubishi Meroket 174 Persen di 2018
OTOMOTIF | 4 Februari 2019 16:45 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Ketika kinerja otomotif nasional cenderung stagnan pada 2018, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors Corporation, justru menorehkan kinerja eksponensial.

Menurut MMKSI, penjualan kendaraannya secara ritel sebesar 146.805 unit pada JanuariDesember 2018. Angka tersebut naik lebih dari 84 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Hasil ini sekaligus meningkatkan pangsa pasar kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia menjadi 14,2 persen.

Penjualan tersebut merupakan angka penjualan terbesar untuk model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi selama 48 tahun kehadiran kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia. Capaian tersebut dikontribusikan oleh lini kendaraan penumpang Mitsubishi 98.964 unit (naik 174 persen) dan kendaraan niaga ringan 47.841 unit. Kenaikan 174 persen penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi itu didominasi penjualan model Xpander, dengan kontribusi lebih dari 70 persen.

Mitsubishi Xpander bahkan menjadi mobil terlaris kedua di Indonesia dengan 75.075 unit di tahun lalu. Hanya kalah dari Toyota Avanza yang mencatat penjualan 82.167 unit.

Kami mengucapkan terima kasih kepada para konsumen setia produk kendaraan penumpang serta niaga ringan Mitsubishi di Indonesia atas kepercayaannya selama ini. Banyak prestasi yang menorehkan sejarah bagi perkembangan Mitsubishi Motors di Indonesia, yang memiliki heritage di kendaraan niaga yang sangat kuat, tapi tetap sebagai challenger atau penantang di kendaraan penumpang. Sebagai challenger, di 2018 lalu kami berhasil mencatat banyak prestasi dalam kiprah Mitsubishi Motors di Indonesia, ujar Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI, dalam rilisnya, kemarin.

Saat ini jaringan diler kendaraan penumpang Mitsubishi Motors berjumlah 125 outlet di seluruh Indonesia. Jaringan diler tersebut memberikan layanan 3S (sales, service, dan spare parts). Layanan purnajual Mitsubishi juga didukung oleh Mitsubishi Bodi & Cat, fasilitas yang siap memberikan layanan perbaikan dan pengecatan di 10 titik di Indonesia.

Seiring dengan kenaikan penjualan Mitsubishi di segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan, MMKSI menargetkan total 143 diler kendaraan penumpang dapat diresmikan pada akhir Maret 2019.

(mdk/sya)