Satu Hari Laku, Carsome Incar Kenaikan Success Ratio Penjualan Mobil Bekasnya

OTOMOTIF | 14 Agustus 2019 19:52 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Platform jual mobil bekas daring, Carsome, mengincar kenaikan rasio keberhasilan (success ratio) penjualan mobil di platformnya di usianya yang ketiga pada tahun ini. Saat ini success rationya di level 30-50 persen. Caranya dengan menambah jumlah mitra dilernya.

Saat ini jumlah mitra dilernya di kawasan Jabodetabek mencapai 1.150 diler.

Andreas Djingga, Country Manager Carsome, mengatakan penjualan mobil bekas di platformnya mencapai 200 unit per hari atau sekitar 7.000 unit per bulan. Besar di Malaysia, Carsome berekspansi ke Indonesia, Thailand, dan Singapura sejak 2016. Secara total memiliki lebih dari 3.600 diler terdaftar di platformnya. Sejak pertama kali berdirikan pada 2015, Carsome membukukan lebih dari 700.000 penawaran untuk mobil, dengan lebih dari 27 ribu transaksi.

"Strateginya dengan memperbanyak jumlah mitra diler kami supaya penawar semakin banyak sehingga potensi mendapat harga terrtinggi juga makin besar," ujar Andreas usai diskusi bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia yang bertajuk “Mendorong Pertumbuhan Industri Otomotif Indonesia melalui Efisiensi Penjualan Mobil Bekas” di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (14/8).

Menurutnya, pasar otomotif Indonesia masih menyimpan potensi besar untuk tumbuh. Namun, di sisi lain proses jual-beli mobil baru di Indonesia juga masih kurang efisien, karena calon pembeli harus berinteraksi dengan dealership dan perusahaan pembiayaan. Prosedur aftersales juga tak kalah ribetnya. Untungnya, berbagai isu inilah yang berhasil diterjemahkan menjadi peluang bagi startup otomotif seperti Carsome.

Dengan berusaha memahami pain-point para penjual mobil individual di Indonesia, Carsome menawarkan proses lebih efektif dan efisien, serta memberikan hasil lebih menguntungkan bagi para penjual mobil bekas.

Sementara secara regional, sektor otomotif di Asia Tenggara (ASEAN) juga sedang booming. Psalnya, otomotif menjadi industri menguntungkan berkat populasi besar dan gelombang urbanisasi dalam beberapa dekade terakhir. Di kawasan ini, Indonesia muncul sebagai salah satu pasar terbesar dan paling menarik. Pada 2018, ASEAN Automotive Federation mencatat penjualan mobil baru mencapai 1.151.291 unit, artinya terjadi kenaikan 7 persen dari tahun sebelumnya.

©2019 Merdeka.com

Hanya satu hari

Sebagai platform daring untuk jual mobil, Carsome menawarkan akses ke inspektor berpengalaman dan akses ke ratusan diler terverifikasi di Jabodetabek. Alhasil, proses jual mobil bekas yang biasanya baru selesai dalam 2-3 bulan, bisa selesai sangat cepat, satu hari saja. Artinya dalam satu hari, sang penjual sudah memiliki kapital segar untuk membeli mobil barunya.

Kini, Carsome telah berhasil membuktikan diri sebagai kekuatan yang perlu diperhitungkan di dalam besarnya pasar jual mobil bekas di Jabodetabek. Dengan keberhasilan lebih dari 6.000 penawaran dari ribuan diler dari 2018 ke 2019 dan lebih dari 20 persen tren peningkatan transaksi setiap bulan. Hingga kini, Carsome pun menjalin kemitraan dengan 1.150 diler se-Jabodetabek, sambil berupaya memperluas jaringan operasionalnya ke kota-kota lain di Indonesia.

(mdk/sya)

TOPIK TERKAIT