Setelah 19 Tahun, ASCO Automotive Tutup Lini Bisnis Mobil Peugeot sejak Maret

OTOMOTIF | 24 Mei 2019 11:09 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Kelompok usaha ASCO Automotive menutup bisnis diler mobil merek Peugeot. Hal ini ditandai dengan penutupan diler ASCO Peugeot di Bandung, Jawa Barat, pada Maret lalu. Ini adalah diler satu-satunya mobil Peugeot di Bandung.

ASCO Automotive adalah perusahaan diler mobil milik pengusaha terkenal Stanley Setia Atmadja. Saat ini perusahaan menjadi mitra diler resmi mobil merek Daihatsu, Isuzu, dan UD Trucks. Total ada 20 diler, termasuk empat sales point dengan backbone penjualan pada merek Daihatsu dan Isuzu. ASCO Automotive memiliki induk usaha bernama ASCO Capital, yang juga memiliki Four Seasons Hotel Jakarta dan PT Mandiri Utama Finance --bermitra dengan Bank Mandiri.

Stanley Setia Atmadja membenarkan penutupan diler satu-satunya Peugeot di Bandung miliknya.

"Sejak Maret lalu, kami sudah tidak lagi menjual mobil Peugeot. Penutupan diler Peugeot ASCO hasil diskusi dengan persetujuan Astra International bersama sama" ujar Stanley kepada Merdeka.com, Jumat (24/5).

Stanley mengaku sudah menjual mobil Peugeot sejak 2000 alias hampir 19 tahun. Namun, jumlah penjualan mobil asal Perancis ini di Indonesia yang masih sedikit sekali, menjadi pertimbangannya menutup lini bisnis diler mobil ini.

Pada tahun lalu, total penjualan Peugeot di Indonesia mencapai 139 unit, hanya dengan satu model; SUV New 3008.

"Sekarang fasilitas bekas diler Peugeot di Bandung itu kami gunakan untuk fasiltas layanan purnajual Isuzu," ungkapnya.

Strategi diler

Sebelumnya Chief Executive PT Astra International-Peugeot Sales Operation (Astra Peugeot) yang baru, Rokky Irvayandi, menjelaskan kini seluruh diler Peugeot di Indonesia dimiliki dan dikelola sendiri oleh Astra. Semua diler milik Astra Peugeot. Tidak ada lagi diler milik mitra, termasuk diler Peugeot di Bandung yang dimiliki mitra diler, ASCO Automotive.

"Kami memutuskan untuk memiliki dan mengelola sendiri jaringan diler Peugeot. Strategi ini lebih baik, karena eksekusi strategi penjualan dan purnajual di diler lebih cepat bisa dilakukan dari sebelumnya, karena semua di bawah langsung Astra Peugeot," ujar Rokky yang ditemui Merdeka.com di Jakarta, Kamis malam (23/5).

Rokky mengakui diler mobil Peugeot di Indonesia sangat sedikit. Baru lima outlet yang tersebar di Jabodetabek, Solo, dan Surabaya. Di Jabodetabek, diler Peugeot bisa dijumpai di Sunter, Cilandak, dan BSD City, Tangerang.

"Dengan strategi baru diler itu, kami bisa ekspansi diler baru di Solo, Jawa tengah, per April lalu," ujarnya.

(mdk/sya)

TOPIK TERKAIT