Spek dan Fitur Lengkap Renault Triber, Pesaing Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

OTOMOTIF | 20 Juni 2019 10:52 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Renault Triber, mobil keluarga kompak, diperkenalkan secara global di New Delhi, India, kemarin. Dengan panjang kurang dari 4 meter dan berkapasitas 3 baris kursi, Renault Triber mirip-mirip Datsun GO+MPV di India.

Penjualannya sendiri secara resmi bakal dilakukan pada Juli tahun ini dengan harga mulai 530 ribu rupee atau setara Rp 108,5 juta (non-beamasuk dan pajak).

Dihimpun dari berbagai sumber, Renault Triber juga akan dipasakran di Indonesia lewat agen pemegang mereknya, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI). Pameran otomotif GIIAS 2019 di ICE BSD City, Tangerang, pada Juli menjadi panggung Tribe di Indonesia.

Berikut spesifikasi dan fitur-fitur Renault Triber, yang di Indonesia menjadi pesaing bagi Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Datsun GO+, dikutip dari Renault India:

Mesin

Renault Triber menggunakan mesin 1.0 liter yang dikembangkan dari mesin bensin model Renauld Kwid. Mesin tiga silinder ini menghasilan tenaga 72 hp dan torsi 96 Nm. Mesin yang sama yang dipakai untuk model internasional seperti Renault Clio dan Dacia Sandero.

Dengan total bobot 947 kilogram (lebih berat 200 kilogram dari Kwid), Triber memiliki rasio tenaga terhadap berat 76 hp per ton. Rasio ini lebih rendah dibandingkan Kwid yang memiliki rasio 97 hp per ton. Sehingga Triber tampaknya membutuhkan tenaga lebih besar --yang baru bisa dipenuhi jika varian mesin turbonya diluncurkan.

©2019 Merdeka.com/renaultindia

Transmisi

Ada dua transmisi yang ditawarkannya, yakni transmisi manual 5-percepatan dan automated manual transmission (AMT) 5-percepatan.

Interior

Kabin Triber menawarkan tiga baris jok penumpang. Dengan aksen warna abu-abu, interiornya menawarkan dual tone dengan sistem hiburan berlatar sentuh ukuran 8 inci, yang lebih besar dibandingkan sistem hiburan di Renault Kwid, Lodgy, Duster, dan Captur. Sistem hiburan ini juga memiliki fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Baris kedua mobil keluarga ini memiliki fleksibilitas tinggi, karena bisa reclining dan fungsi split folding. Ada empat mode, yakni Life (untuk lima penumpang), Surf (empat penumpang), Tribe (tujuh penumpang), dan Camp (dua penumpang).

Sedangkan baris ketiganya memiliki ventilasi AC, armrest, dan soket charging. Baris ketiga ini juga bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi menjadi 625 liter.

©2019 Merdeka.com/renaultindia

Eksterior

Lampu depannya menggunakan lampu utama projector dengan DRL LED. Gril depan berdesain triple edge berlapis krom untuk penampilan meyakinkan, yang dilengkapi roof rails nan gaya.

Ground clearance 182 milimeter dengan skid plate ala SUV yang berfungsi melindungi di jalan semi off-road.

Safety

Triber memiliki fitur keamanan standar, yakni dua airbags bagi penumpang depan, sistem pengereman ABS, sensor parkir, dan sistem peringatan batas kecepatan. Sedangkan di varian lebih tinggi, ada tambahan fitur berupa kamera mundur dan dua airbags lagi.

Smart technology

Mengusung smart technology, Triber menawarkan akses masuk yang cerdas dengan keyless entry dan tombol push start/stop, untuk memperkaya pengalamanan berkendara.

(mdk/sya)