Suzuki Indonesia Sodok Mitsubishi di Pasar Mobil April, Ini Kunci Suksesnya

Suzuki Indonesia Sodok Mitsubishi di Pasar Mobil April, Ini Kunci Suksesnya
OTOMOTIF | 4 Juni 2020 16:07 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Suzuki Indonesia mencatat penjualan ritel sebanyak 28.125 unit di periode Januari-April tahun ini dengan meraih pangsa pasar 11,5 persen. Pangsa pasarnya naik dari periode tahun lalu yang 9,3 persen.

Raihan itu membawa Suzuki naik ke peringkat ke-4 di pasar mobil nasional, menggeser Mitsubishi Motors yang biasa berada di atasnya, berdasarkan data penjualan Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Raihan pangsa pasar 11,5 persen tersebut dinilai kesuksesan tersendiri bagi Suzuki Indonesia di tengah kondisi pasar yang cenderung lesu akibat pandemi Covid-19.

"Ini satu cerita sukses sendiri bagi Suzuki Indonesia saat pasar tertekan akibat pandemi," ujar Harold Donnel, Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales, dalam diskusi virtual, Kamis (4/6).

Harold mengungkapkan beberapa kunci suksesnya hingga meraih pangsa pasar 11,5 persen dan naik ke peringkat 4 pasar mobil nasional per April tahun ini.

Yang pertama, cakupan dan sebaran jalur distribusi Suzuki di seluruh Indonedia. Hingga kini Suzuki memiliki 341 outlet di seluruh Indonesia.

"Ketika pemerintah-pemerintah daerah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dampaknya adalah diler-diler Suzuki terpaksa stop operasi sementara. Jumlahnya setara 65 persen dari total diler. Namun, di daerah yang belum menerapkan PSBB, diler Suzuki masih aktif berjualan. Itulah kunci sukses Suzuki meraih pangsa pasar 11,5 persen di masa pandemi," ujarnya.

Selain itu, di masa pandemi ini, Suzuki Indonesia juga melakukan penyesuaian-penyesuaian di berbagai kegiatan termasuk pemasaran. Kemudian kegiatan deploy setiap produk juga disesuaikan dan mendorong aktivitasi secara digital. Begitu juga dengan paket layanan purnajual juga didorong.

"Pada Juni, misalnya, kami adakan Mid Year Festival dengan program-program beragam untuk kendaraan pikap dan kendaraan penumpang. Misalnya membeli New Suzuki Carry dapat motor Suzuki Satria F150 dan sebagainya. Ini untuk mendorong penjualan mobil Suzuki selama Juni ini," pungkasnya. (mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5