Ternyata Biaya Servis Suzuki XL7 per Hari Lebih Murah dari Sebungkus Rokok

Ternyata Biaya Servis Suzuki XL7 per Hari Lebih Murah dari Sebungkus Rokok
OTOMOTIF | 25 Maret 2020 13:39 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Persaingan usaha di bisnis produk otomotif kian sengit di Indonesia. Banyak merek baru hadir terutama dari China yang menawarkan mobil yang tak kalah menarik, tapimemiliki harga bersaing.

Saat ini potret kompetisi industri otomotif Indonesia juga tak melulu soal produk, tapi juga aftersales; layanan purnajual. Meluncurkan mobil baru kini tidaklah cukup untuk mampu bersaing di bisnis padat modal ini.

Mobil baru yang didukung layanan purnajual andal merupakan salah satu kunci sukses di industri ini.

Kini kunci ini coba digunakan oleh Suzuki Indonesia, saat meluncurkan secara global mobil low sport utility vehicle (SUV), New Suzuki XL7, di Jakarta, medio Februari lalu.

Di segmen low SUV, Suzuki XL7 pesaing baru bagi pemain lawas macam Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, DFSK Glory 560, dan sebagainya.

Sebagai "The New Extraordinary SUV", Suzuki XL7 memiliki tiga keunggulan utama, yakni eksterior tangguh, interior nyaman, dan berbagai fitur canggih. Seluruh kelebihan itu membuat XL7 sebagai SUV 7-seater tangguh dengan tampilan lebih modern dan berkarakter.

Sejak diluncurkan medio Februari hingga Maret ini, Suzuki XL7 dipesan lebih dari 2.000 unit, lebih tinggi dari targetnya per bulan.

Satu kunci sukses (baca: produk yang kompetitif) sudah digenggam Suzuki. Tinggal satu kunci lagi, layanan purnajual yang andal.

Riecky Patrayudha, Head of Service Dept PT Suzuki Indomobil Motor, menjelaskan pihaknya terus berusaha memberikan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan. Salah satunya dengan menghadirkan produk terbaru; Suzuki XL7 dengan tagline "The New Extraordinary SUV".

Serupa dengan tagline itu, kami juga memberikan layanan yang extraordinary untuk para pelanggan dalam hal biaya perawatan berkala.

"Hingga jarak tempuh 50.000 kilometer atau 2,5 tahun, pelanggan tidak perlu membayar biaya servis dan spare part. Semuanya bebas biaya. Jadi, hingga 100.000 kilometer atau lima tahun kepemilikan Suzuki XL7, perhitungannya, konsumen hanya mengeluarkan biaya Rp 3.800 per hari,” ujar Riecky, baru-baru ini.

Dengan hanya Rp 3.800 per hari itu, biaya kepemilikan Suzuki XL7 sangat kompetitif di kelas low SUV. Lebih murah dari biaya satu bungkus rokok di sini.

Bila ditaksir, total biaya perawatan berkala mobil SUV Suzuki ini selama lima tahun atau 100.000 kilometer, berkisar Rp 6,9 juta baik untuk transmisi manual maupun transmisi otomatis.

"Biaya perawatan berkala yang terjangkau inilah yang menjadi salah satu alasan pelanggan Suzuki tetap rajin untuk melakukan servis mobilnya di bengkel resmi Suzuki. Sehingga kondisi mobil akan terus prima dan terjamin orisinalitas suku cadangnya," ujar Riecky.

layanan purnajual suzuki indonesia

©2020 Merdeka.com

Promo Penjualan Maret

Selama Maret ini Suzuki Indonesia juga mempunyai promo penjualan. Untuk pembelian seluruh tipe Suzuki XL7 selama Maret, pelanggan berkesempatan mendapatkan program servis berupa gratis layanan perawatan berkala dan suku cadang hingga 50.000 km.

Selain itu, pelanggan juga berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa iPhone 11 selama periode Maret ini.

“Kami harap layanan purnajual yang ditawarkan dapat terus memenuhi kebutuhan pelanggan Suzuki Indonesia, sehingga seluruh konsumen tetap mempercayakan servis mobilnya di bengkel resmi Suzuki. Semoga kami dapat menjamin mobil pelanggan tetap dalam kondisi terbaiknya untuk menemani kehidupan sehari-hari keluarga Suzuki,” pungkas Riecky.

1 dari 1 halaman

Produk SUV Global

new suzuki xl7

2020 Merdeka.com

Pada 15 Februari lalu, Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan peluncuran global New Suzuki XL7 di kawasan TMII, Jakarta Timur. Peluncuran globalnya di Jakarta dilakukan sekaligus merayakan usia 50 tahun Suzuki hadir di Indonesia.

New Suzuki XL7 memiliki enam varian. Varian termurah adalah XL7 Zeta transmisi manual seharga Rp 230 juta (on the road Jakarta). Varian menengah, XL7 Beta transmisi manual Rp 246,5 juta; XL7 Beta Transmisi Otomatis Rp 257 juta. Sedangkan varian tertinggi, XL7 Alpha Transmisi Manual, Rp 256,5 jut; dan XL7 Alpha Transmisi Otomatis Rp 267 juta.

Berkapasitas 7 penumpang, Suzuki XL7 dibekali mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang menghasilkan tenaga 104,7 ps per 6.000 rpm dengan torsi maksimal 138 Nm per 4.400 rpm. Low SUV terbaru Suzuki ini punya ground clearance 200 milimeter.

Fitur Ekstra-Lengkap

Suzuki XL7 juga memiliki tampilan eksterior yang gagah dengan adanya muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, bold LED headlamp with DRL, dan roof rail.

Dari segi interior, Suzuki XL7 memiliki kabin nyaman dengan warna hitam yang sporty dan armrest pada baris pertama serta kedua. Selain itu, terdapat juga audio system touch screen 8 inch, carbon fibered pattern dashboard, ventilated cup holder, serta tampilan Multi Information Display (MID) yang modern.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, Suzuki XL7 hadir dengan fitur-fitur canggih, seperti smart e-mirror yang merupakan spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung, juga terdapat keyless push start stop button, AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga.

Selain itu, untuk menambah faktor keamanan, Suzuki XL7 dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

SUV ini juga berbasis platform HEARTECT yang membuat kendaraan jauh lebih ringan namun tetap kokoh dan meningkatkan performa berkendara serta efisiensi bahan bakar.

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami