Terungkap Alasan Daihatsu Thor Seliweran di Tol Cikampek

OTOMOTIF | 11 Oktober 2019 13:54 Reporter : Nanda Farikh Ibrahim

Merdeka.com - Beberapa waktu lalu, Daihatsu Thor tertangkap kamera tengah berseliweran di jalanan Indonesia. Mobil berbentuk boksi tetapi mungil itu terlihat di Tol Jakarta-Cikampek. Namun, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan bahwa mobil tersebut tidak akan masuk pasar Indonesia.

"Kami tidak akan memasukkan Kei Car, baik itu Thor atau Tanto," kata Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra, Jumat (11/10).

Dia beralasan model Kei Car, kendaraan mungil yang populer di Jepang, tidak disukai masyarakat Indonesia.

Dia menjelaskan, kemunculan Daihatsu Thor di jalanan Indonesia hanyalah bagian dari aktivitas riset dan pengembangan (R&D). "Yang kita lakukan itu untuk mengetes mesin 1.000cc dengan turbo," tuturnya.

Dalam pengujian tersebut, lanjut Amel, R&D Daihatsu Indonesia terus mencatat performance-nya untuk dibandingkan dengan kompetitor yang telah mengeluarkan mesin turbo.

Namun, Amel memandang target pasar mesin turbo di Indonesia adalah kalangan muda yang menyukai performance. Untuk konsumen keluarga, lanjutnya, tidak terlalu memikirkan turbo, tetapi lebih kapasitas penumpang dan konsumsi bahan bakar yang irit.

Ketika disinggung soal kemungkinan adanya produk baru Daihatsu dengan mesin turbo, Amel menjawab, "Pada waktunya akan saya kasih tahu." (mdk/did)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.