Toyota capai 39 persen market share, Sienta resmi umumkan harga

OTOMOTIF » MAKASSAR | 21 Juni 2016 14:59 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Melanjutkan tren pertumbuhan penjualan, toyota-Astra Motor kembali menorehkan kinerja positif pada Mei 2016. Bulan lalu, kinerja Toyota di pasar ritel tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang tahun dengan penjualan 33.624 unit dan meraih market shares 39 persen.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa di tengah kompetisi yang semakin ketat dan perlambatan pertumbuhan pasar otomotif nasional, Toyota masih mampu mencatatkan kinerja positif berkat kepercayaan dan kesetiaan yang kuat terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota.

"Kami bersyukur atas pencapaian positif ini. Hal ini tak lepas karena support dan kepercayaan customer kepada Toyota. Pencapaian ini tentu memberikan keyakinan yang lebih kuat lagi bagi kami dalam melihat prospek pasar otomotif nasional sepanjang 2016. Di bulan-bulan mendatang, kami berharap, kinerja Toyota dan pasar otomotif nasional pada umumnya, dapat terus membaik hingga akhir tahun ini," ujar Henry, hari ini.

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa potensi pasar Indonesia ke depannya masih menarik bagi para pemain otomotif dan Toyota menyikapi hal itu secara positif dan menyiapkan berbagai strategi yang berpayung pada semangat Toyota Let’s Go Beyond.

Spirit Let’s Go Beyond tersebut diwujudkan melalui Beyond Product, Beyond Technology, Beyond Service, di mana Toyota memberikan produk dan teknologi terbaik, serta servis yang prima bagi pelanggan, yang melebihi ekspektasi mereka.

Pada Mei 2016, semua segmen kendaraan penumpang Toyota di pasar ritel mengalami pertumbuhan signifikan. Dibandingkan dengan April 2016, pertumbuhan tertinggi di bulan Mei dicapai di segmen sedan sebesar 47,9 persen, diikuti segmen SUV yang tumbuh 19,4 persen, segmen 4x4 yang tumbuh 12,3 persen, hatchback yang tumbuh 7,4 persen, serta MPV yang tumbuh 3,5 persen.

Sepanjang bulan lalu, Toyota Avanza masih menjadi kontributor utama penjualan Toyota dengan total penjualan ritel 14.027 unit atau tumbuh 5,5 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penjualan ritel Avanza pada Mei lalu tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang 2016.

Segmen sedan Toyota yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi di pasar ritel bulan lalu, ditopang oleh membaiknya kinerja entry sedan yang tumbuh 3x lipat lebih, dari 103 unit pada April menjadi 339 unit pada Mei.

Sementara itu, segmen SUV Toyota di pasar ritel pada bulan lalu mencatatkan pertumbuhan tertinggi kedua yaitu sebesar 19,4 persen dibandingkan dengan pencapaian bulan sebelumnya.

Dua produk Toyota yang bersaing di segmen ini yaitu Toyota Rush di segmen medium SUV dan All Toyota Fortuner di segmen high SUV, berhasil menunjukkan keunggulannya, dengan tetap berhasil meraih peningkatan penjualan.

Peluncuran versi terbaru Toyota Rush dalam semangat Let’s Go Beyond yaitu TRD Sportivo dan TRD Sportivo Ultimo, dengan kapasitas 7 penumpang berhasil mengangkat penjualan pionir medium SUV di Indonesia ini ke posisi 2.418 unit atau tumbuh 7,4 persen dibandingkan dengan April 2016.

Sementara itu, pada periode yang sama All New Toyota Fortuner yang diluncurkan pada awal tahun ini, masih tetap memimpin di segmen high SUV dengan angka penjualan sebesar 3.007 unit dengan market shares 58,4 persen di kelasnya.

All New Toyota Sienta


Toyota Sienta ©2016 Merdeka.com

Terkait dengan kehadiran Toyota Sienta, Multi Activity Vehicle (MAV) terbaru Toyota yang diperkenalkan kepada masyarakat umum pada penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 pertengahan April di Jakarta, Henry mengatakan optimis Multi Activity Vehicle (MAV) terbaru Toyota ini sukses di pasar.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Sienta mendapat respon pasar yang positif dari masyarakat Indonesia, terlihat dari surat pemesanan kendaraan (SPK) yang diperoleh selama IIMS 2016 berlangsung.

"Kami bersyukur sejak ditampilkan di IIMS 2016, Sienta ternyata telah memikat publik. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada para pelanggan yang telah melakukan pemesanan All New Sienta," kata Henry.

Tidak hanya diperkenalkan secara resmi di Jakarta, mulai awal hingga akhir Mei lalu Toyota juga telah melakukan roadshow Sienta di 7 kota besar di tanah air, yaitu Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Semarang, Makassar, Medan, serta Bali sebagai kota terakhir. Hasil roadshow ini ternyata makin menegaskan bahwa Toyota Sienta yang diproduksi di Indonesia dibuat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pasar di tanah air.

Meski memiliki kapasitas 7 penumpang, kendaraan ini memiliki gaya yang berbeda dari MPV pada umumnya. Sienta hadir dan didesain untuk memanjakan segala aktivitas penggunanya, yang tidak hanya fungsional tapi juga memiliki desain yang modern dan dinamis. Selain itu, Toyota Sienta juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi seperti power sliding door, dive-in seat, serta transmisi CVT.

Sienta juga menawarkan lifestyle yang unik serta teknologi tinggi, sehingga cocok untuk kebutuhan pasar di Indonesia yang semakin berkembang dan dinamis. Selain eksteriornya yang lebih stylish dan modern, Toyota Sienta merupakan mobil dengan performa yang baik dan mampu memberikan kenyamanan berkendara.

Perolehan SPK Sienta hingga akhir Mei lalu sekitar 2.000 unit. "Angka perolehan SPK All New Sienta ini sekaligus membuktikan bahwa kehadiran Sienta mampu menjawab kebutuhan pasar Indonesia akan sebuah kendaraan Multi Activity Vehicle yang semakin memperlengkap line-up kendaraan di Indonesia," ungkap Henry.

Sementara itu lanjut Henry, untuk memberi kepastian kepada pelanggan yang berminat untuk memilik Toyota Sienta, TAM mengeluarkan daftar harga mobil ini ke semua jaringan dealer di Indonesia.

Sebagai referensi, rentang harga Sienta OTR Jakarta yaitu berkisar antara Rp 230 juta hingga Rp 295 juta per unit. Harga terendah untuk varian E M/T sebesar Rp230 juta, kemudian E CVT sebesar Rp 248 juta.

Untuk varian G harganya terdiri dari Rp 242 juta untuk transmisi MT dan Rp260 juta untuk transmisi CVT. Sementara, varian V, harganya terdiri dari Rp257 juta untuk transmisi M/T dan Rp275 juta untuk transmisi CVT. Harga tertinggi sebesar Rp295 juta untuk varian Q dengan transmisi CVT.

Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik, Sienta berhasil menyita perhatian pengemar otomotif nasional sehingga mendapat penghargaan Best Buy Car di ajang IIMS 2016 karena berhasil meraih pesanan tertinggi sepanjang pameran. Sementara di Makassar, Sienta mendapat predikat Most Favourite Car oleh pengunjung GIIAS 2016.

Mobil yang tampil dengan selling point yang semakin menarik seperti power sliding door, tujuh penumpang, dan desain yang lebih pada Multi Activity Vehicle yang semakin memperlengkap line-up kendaraan di Indonesia. "Kami optimis, dengan sudah adanya price list, pelanggan sudah bisa memastikan pembelian untuk All New Sienta mereka," tutup Henry.


Interior Mirip Luxio, LCGC 7 Penumpang akan Dijual Rp 120 Jutaan
Reputasi terbaik, Toyota Astra Motor cetak rekor 7 kali berturut
Toyota C-HR masuk pasar mulai bulan Desember
Pemenang Ultimate Adrenaline bertualang bareng brand ambassador Rush
Jelajah Merdeka sukses lewati tiga provinsi berkat Grand New Veloz

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT