Toyota Dapat Order Ribuan Kendaraan dari Go-Fleet, Usaha Patungan Astra-Gojek

OTOMOTIF | 21 Oktober 2019 10:29 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Toyota Indonesia mengaku sudah mendapat pesanan kendaraan lebih dari seribu unit dari Go-Fleet, usaha patungan antara PT Astra International Tbk dan Gojek Indonesia, perusahaan teknologi berbasis transportasi online, yang diresmikan Juli lalu.

Demikian penjelasan Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), menjawab pertanyaan Merdeka.com, baru-baru ini.

Menurut Anton, model mobil Toyota yang dipesan itu adalah New Avanza dengan pemesanan melalui diler resmi Auto2000. Tidak diketahui apakah ada model lain yang dipesan."Jumlahnya sekitar 1.000 unit itu dipesan selama dua bulan ini (Agustus-Septembar)."

Namun, Anton belum mengetahui detail mengenai pemesanan Go-Fleet itu, karena dilakukan oleh Auto2000. Termasuk spesifikasi mobilnya apakah ada perbedaan atau sama dengan model yang ada.

Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto sebelumnya mengatakan Go-Fleet merupakan wujud nyata dari kemitraan strategis antara Astra dan Gojek, yang dimulai sejak investasi kami di Gojek pada Februari 2018. Kami mendukung penuh upaya kolaborasi otomotif dan teknologi agar dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial yang semakin luas bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

GoFfleet menggabungkan kekuatan dua perusahaan nasional, yakni pengalaman Astra di industri otomotif dan Gojek, pemain terdepan yang memiliki keahlian di industri teknologi. Kendaraan, layanan perbaikan, perawatan, dan perlindungan asuransi disediakan oleh Go-Fleet bagi mitra driver yang memiliki kualitas sesuai standar Astra. Sementara sistem kemitraan dan teknologi dibangun sesuai standar kecanggihan teknologi Gojek.

"Go-Fleet merupakan program sewa mobil untuk calon mitra pengemudi Go-Car. Ini menjadi solusi mobilitas buat mitra driver yang tergabung dalam Go-Car," kata Presiden Direktur Go-Fleet, Meliza M Rusli, saat peresmian Go-Fleet di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Juli lalu.

Kata Meliza, Selain dipinjamkan mobil, mitra pengemudi yang bergabung dengan Go-Fleet juga akan diberikan sejumlah fasilitas, antara lain perawatan kendaraan di bengkel milik Astra dan asuransi ketika mengalami kecelakaan. Selain itu, mitra pengemudi juga berkesempatan mendapat penghasilan tambahan dari iklan yang dipasangkan di kendaraan berupa layar LED, car wrap, dan vending machine.

Untuk dapat bergabung dengan Go-Fleet, calon mitra wajib mendaftar sebagai mitra Go-Car. Setelah itu, pengemudi mesti mengikuti seleksi administrasi, verifikasi, dan pelatihan. (mdk/sya)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.