Toyota Sienta Baru Segera Dirilis, Harganya Tidak Naik

OTOMOTIF | 3 September 2019 11:28 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Toyota Indonesia mengabarkan memperbarui mobil Sienta pada kuartal III tahun ini. Kini, tampilan eksterior mobil ini tampil lebih sporty dan stylish. Sedangkan interior barunya membuat kabin terasa lebih nyaman. Belum disebutkan waktu persis mobil ini diluncurkan.

Model baru Sienta ini menggunakan tema desain "active, modern, and fun". New Sienta kini tampil lebih sporty dan stylish dengan garis desain lebih tegas, yang muncul dari garnish berwarna hitam yang membingkai headlamp dan foglamp. Tampilan gril juga mengalami peningkatan dengan desain baru yang lebih sporty.

Sementara itu, untuk memperkuat implementasi konsep 'sophisticated and grandness' di interior, maka improvement dilakukan pada sandaran tangan baik di kursi depan (tipe CVT) maupun belakang agar pengemudi dan penumpang menjadi lebih nyaman (varian V dan Q).

©2019 Merdeka.com

F Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, menjelaskan untuk memberikan penyegaran pada interior, semua varian Sienta tampil dalam warna hitam dengan kursi warna burgundy untuk varian V dan Q, serta warna hitam pada varian G. Sedangkan untuk fitur keamanan (safety) tidak ada perubahan, tetap mempertahan spesifikasi bintang lima ASEAN NCAP untuk varian dengan fitur vehicle stability control (VSC).

Semua varian Sienta juga dilengkapi tiga airbag, ABS dengan Electronic Brake Distribution dan Brake Assist, Potensioner Seatbelt with Force Limiter, Parking Sensor, GOA Body, serta Head Impact Mitigating Structure. Khusus varian Q, fitur keselamatannya juga dilengkapi Hill Start Assit (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

"Improvement ini mempertimbangkan masukan dari pelanggan, baik yang sudah menggunakan Sienta maupun yang berencana untuk memilikinya dalam waktu dekat. Selain itu, value dari model ini pun akan kami pertahankan, salah satunya dipastikan level harganya pun akan sama," ujar Soerjopranoto di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, Sienta baru ditargetkan terjual 200-300 unit per bulan.Sienta baru akan memiliki delapan varian, dua varian dihentikan penjualannya. Varian terendah adalah Sienta 1.5 G transisi manual (black trim) seharga Rp 249,05 juta (on the road). Sementara varian termahal, Q CVT, Rp 302,8 juta.

Toyota Sienta adalah mobil keluarga dengan pintu geser (sliding door) yang pertama kali diluncurkan pada 2003 di Jepang. Pada 2015, generasi kedua Sienta diluncurkan dan mulai masuk ke pasar Indonesia pada 2016.

Sebagai kendaraan dengan konsep multiactivity vehicle (MAV) pertama dari Toyota yang dipasarkan di Indonesia, kehadiran Sienta membangun segmen baru di pasar otomotif nasional. Pada semester I 2019, angka penjualan ritel mobil ini mencapai 1.449 unit.

(mdk/sya)