Toyota tutup IIMS 2016 dengan gelar 'Best Booth' dan 'Best Buy Car'

OTOMOTIF » MAKASSAR | 19 April 2016 11:31 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Sepanjang penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang berlangsung pada 7—17 April 2016, PT toyota-Astra Motor (TAM) berhasil meraih 3 penghargaan dan penjualan kendaraan yang cukup signifikan.

Penghargaan pertama yang diraih TAM dari penyelenggara IIMS 2016 adalah Best Booth IIMS 2016 untuk kategori luas di atas 1.400 m2, dengan booth yang didesain dengan konsep "Unlock Your Playground." Melalui booth ini, TAM menampilkan berbagai produk, teknologi, dan servis yang lebih fun dan exciting, yang mewakili semangat dari Toyota 'Let's Go Beyond.'

Booth Toyota-Astra Motor di IIMS 2016 ©2016 Merdeka.com

Sementara itu, penghargaan kedua dari penyelenggara IIMS 2016 didapatkan melalui salah satu Toyota Pretty bernama Estherlita Corraima, yang berhasil meraih gelar sebagai Miss Motor Show 2016.

Adapun kendaraan multi activity vehicle Toyota Sienta yang baru diluncurkan pada pembukaan IIMS 2016 berhasil menarik animo positif dari konsumen di tanah air. Pada ajang pameran ini, Toyota Sienta berhasil mendapat penghargaan sebagai Best Buy Car.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa Toyota berterima kasih atas apresiasi atas partisipasi Toyota pada IIMS 2016, khususnya untuk booth, Toyota Pretty, Toyota Sienta sebagai Best Buy Car.

TAM tidak semata mengandalkan IIMS 2016 sebagai ajang penjualan, namun ketertarikan konsumen untuk memiliki mobil Toyota melalui pameran ini cukup besar. Berdasarkan catatan SPK selama perhelatan IIMS 2016, di wilayah DKI Jakarta, tercatat 4.597 unit SPK kendaraan.

"Pada dasarnya, kami tidak menetapkan angka penjualan khusus selama IIMS 2016 karena yang menjadi tujuan utama adalah bagaimana Toyota dapat memberikan edukasi dan informasi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat, baik mengenai produk, teknologi, maupun layanan yag dihadirkan selama ini," ujar Henry, hari ini.

Akan tetapi, sambung Henry, Toyota bersyukur bahwa selama penyelenggaraan IIMS 2016 Toyota membukukan SPK yang cukup baik, melalui berbagai produk andalan seperti Avanza, Kijang Innova, Fortuner, AGYA, Rush, serta produk andalan baru Sienta.

Toyota Avanza tercatat sebagai kontributor utama penjualan, dengan membukukan sekitar 33,7 persen dari total SPK. Kendati baru diperkenalkan kepada konsumen pada pembukaan pameran, Sienta mampu mencatatkan hasil yang baik, di mana Sienta membukukan angka

penjualan terbesar kedua di bawah Avanza. Sienta berkontribusi sekitar 16,6 persen dari total SPK Toyota.

Selain kedua produk itu, Kijang Innova, Fortuner, dan AGYA menempati posisi 3—5 kontributor terbesar penjualan, di mana Kijang Innova berkontribusi sekitar 14,9 persen, Fortuner sebesar 10,7 persen, dan AGYA sebanyak 9,3 persen dari total SPK.

Kemudian, penjualan kedua terbesar berasal dari All New Sienta yang mencapai 764 unit atau sebesar 16,6 persen dari total pencapaian TAM. Sementara itu, penjualan ketiga terbesar berasal dari Kijang Innova yang mencapai 687 unit atau sekitar 14,9 persen dari total SPK.

Khusus untuk Sienta, Penjualan Toyota Sienta di IIMS 2016 ini, hampir setengah SPK Toyota Sienta didominasi oleh Type V. Selanjutnya diikuti oleh Type Q sebesar 37 persen, dan sisanya adalah Type G dan E.

ALL NEW TOYOTA SIENTA

Sebagai representasi dari semangat Beyond Product, pada IIMS 2016 ini Toyota menampilkan secara perdana satu produk baru yaitu All New Toyota Sienta.

Produk Multi Activity Vehicle (MAV) ini hadir dan didesain untuk memanjakan segala aktivitas penggunanya, yang tidak hanya fungsional tapi juga memiliki desain yang modern dan dinamis. Selain itu, Toyota Sienta juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi seperti power sliding door, dive-in seat, serta transmisi CVT.

Penjualan All New Sienta yang baru saja diperkenalkan beberapa hari yang lalu berhasil memberikan kotribusi sebanyak 764 unit atau 16,6 persen dari SPK total di seluruh dealer Toyota di wilayah DKI Jakarta, selama perhelatan IIMS.

"Angka penjualan All New Sienta ini sekaligus membuktikan bahwa Sienta hadir untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia akan sebuah kendaraan Multi Activity Vehicle yang semakin memperlengkap line-up kendaraan di Indonesia. Kami optimis, pelanggan yang sudah merasakan All New Sienta akan tertarik untuk memilikinya," ujar Henry.

Toyota Sienta yang diproduksi di Indonesia dibuat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pasar di tanah air. Meski memiliki kapasitas 7 penumpang, kendaraan ini memiliki gaya yang berbeda dari MPV pada umumnya.

Sienta juga menawarkan lifestyle yang unik serta teknologi tinggi, sehingga cocok untuk kebutuhan pasar di Indonesia yang semakin berkembang dan dinamis. Selain eksteriornya yang lebih stylish dan modern, Toyota Sienta merupakan mobil dengan performa yang baik dan mampu memberikan kenyamanan berkendara.

Tidak hanya diperkenalkan secara resmi di Jakarta, mulai awal Mei mendatang Toyota akan melakukan roadshow Sienta di 6 kota besar di tanah air. Kota-kota tersebut adalah Bandung (4—8 Mei 2016), Surabaya (4—8 Mei 2016), Pekanbaru (12—15 Mei 2016), Semarang (18—22 Mei 2016), Makassar (18—22 Mei 2016), serta Medan (25—29 Mei 2016).

Toyota Sienta di IIMS 2016 ©2016 Merdeka.com


Toyota sukses jual 4.597 mobil selama IIMS, Sienta laku 764 unit
Hey, kamu! Ikutan lomba bareng Toyota Sienta, yuk!
Hatchback All New Toyota Passo mulai Rp 139 jutaan
Toyota suguhkan kesegaran hatchback All-New Passo
Inilah Pemenang Toyota Dream Car Contest 2016
Sienta meluncur di IIMS 2016, ground clearance lebih tinggi dari Jepang

(mdk/idc)