Visi Elektrifikasi Lexus di GIIAS: LF-Z Electrified Concept dan Debut Asia All New RX

Visi Elektrifikasi Lexus di GIIAS: LF-Z Electrified Concept dan Debut Asia All New RX
Lexus Indonesia melakukan asian premiere All New Lexus RX di GIIAS 2022.. ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 13 Agustus 2022 21:40 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Pameran GIIAS 2022 di ICE-BSD City jadi panggung besar Lexus Indonesia menunjukkan komitmen dan kontribusinya sebagai merek otomotif premium untuk mengurangi emisi karbon.

Visi elektrifikasi ini dihadirkan secara kentara di GIIAS tahun ini: booth pertama dan satu-satunya yang menghadirkan 100 persen unit display berteknologi elektrifikasi. Mengusung tema “An Alluring Future of Tomorrow”, Lexus hadir dengan membawa konsep “Eco-Friendly” lounge untuk menegaskan visi tersebut.

Kendaraan elektrifikasi Lexus yang menjadi jati dirinya di masa depan ditampilkan di GIIAS 2022: The Lexus LF-Z Electrified Concept. Mobil konsep SUV mewah ini ingin menampilkan citra masa depan dan arah evolusi Lexus di masa depan.

Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia, mengatakan sebagai “Next Generation of Lexus”, LF-Z Electrified Concept menggabungkan performa berkendara dan teknologi yang ingin diwujudkan Lexus di masa depan. Seluruh inovasi dalam Lexus LF-Z Electrified Concept adalah kisi-kisi desain, fitur, dan teknologi model-model terbaru yang akan diperkenalkan Lexus dalam waktu dekat.

"Desain mobil konsep ini bertujuan mencapai proporsi dan penampilan menawan. Dimulai dengan bagian depannya lebih rendah dan semakin memuncak di bagian belakang untuk memperlihatkan karakteristik desain unik The Lexus LF-Z Electrified Concept. Ditambah terobosan spindle design menjadi tiga dimensi dalam bentuk keseluruhan bodi kendaraan, menunjukkan semangat Lexus untuk menghasilkan styling yang sejalan dengan perkembangan teknologi," ujar Bansar yang dijumpai di booth Lexus-GIIAS 2022, kemarin (13/8).

Lexus LF-Z Electrified Concept membawa sistem bernama Direct4. Sistem ini membuat mobil konsep ini memiliki sistem penggerak yang dapat berubah secara adaptive dari Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD) atau All-Wheel Drive (AWD). Plus penyempurnaan dengan teknologi Steer-by-Wire untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi.

Lexus LF-Z Electrified Concept juga menggunakan konsep Tazuna Cockpit di bagian interior. Termasuk dukungan all-new multi-screen interface yang terinspirasi dari bentuk kupu-kupu hitam.

Serangkaian layar ditempatkan di sepanjang garis pandangan pengemudi sehingga seluruh tombol, head-up display, sistem navigasi, sistem audio, dan driving mode dapat dioperasikan, tanpa perlu mengubah pandangan. Sehingga meningkatkan konsentrasi berkendara pengemudi. Didukung teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), pengemudi dapat berinteraksi melalui sentuhan atau suara saat mengendarai mobil konsep ini.

Menariknya, beberapa konsep dan inovasi pada LF-Z Electrified Concept ternyata diwujudkan pada model terbaru: All New Lexus RX, melakukan asia premiere di GIIAS 2022.

Lexus RX telah mengawali visi Lexus Electrified pada 2005, melalui peluncuran Lexus RX 400h. Pecinta Lexus mengenalnya sebagai mobil luxury pertama yang dilengkapi teknologi Lexus Hybrid Electric Drive.

"All New Lexus RX sedang dipersiapkan untuk dapat dipasarkan segera di Indonesia," jelas Bansar Maduma, “Selangkah lebih maju untuk mewujudkan visi dan tujuan Lexus Electrified di Indonesia, The All New Lexus RX akan menjadi model pertama di segment Medium Luxury SUV dengan teknologi elektrifikasi melalui kehadiran varian Hybrid Electric dan Plug-in Hybrid Electric.”

2 dari 2 halaman

Mobil Resmi Delegasi KTT G20

lexus indonesia melakukan asian premiere all new lexus rx di giias 2022

©2022 Merdeka.com

Model All-Electric pertama Lexus, yakni Lexus UX 300e, terpilih sebagai salah satu mobil listrik untuk para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, November nanti.

Kendaraan ini dipilih sebagai representasi dari visi elektrifikasi dan komitmen Lexus Indonesia untuk mendukung program pemerintah mengurangi emisi gas buang.

Lexus UX 300e dilengkapi baterai Lithium-Ion berkapasitas 54,3 kWh dengan jarak tempuh 300 km (metode WLTP). Melalui powertrain EV yang powerful dan efisien, Lexus UX 300e menawarkan kenikmatan berkendara untuk mendukung mobilitas para delegasi KTT G20.

Lexus Indonesia juga meluncurkan varian baru dari Sub-Compact Luxury SUV, yaitu Lexus UX 250h varian F Sport.

"Kami menghadirkan Lexus UX 250h F Sport untuk semakin memperluas pilihan pelanggan setia Lexus Indonesia,” ujar Bansar.

Lexus Indonesia juga akan terus memberikan kejutan bagi pelanggan setia Lexus. Dimulai dari penyediaan fasilitas eksklusif Lexus Charging Network yang telah tersedia di seluruh Lexus Gallery dan Lexus Exclusive Parking Privilege.

Lexus Indonesia juga akan menambah lokasi Lexus Charging Network di Immersion by Lexus, sebagai Brand Space Lexus pertama di Asia Tenggara.

Kemudian, untuk mendukung layanan purnajual, Lexus sedang mengembangkan Electric Lexus Mobile Concierge Service atau E-LMCS untuk melayani kebutuhan emergency bagi pemilik mobil listrik Lexus.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini