Xpander Kena Recall di Vietnam, CEO Mitsubishi Indonesia: Kami Tidak Akan Recall

OTOMOTIF | 3 Oktober 2019 11:25 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Mitsubishi Motors Indonesia tidak berencana melakukan penarikan kembali (recall) mobil Xpander yang beredar di Indonesia, meski terjadi recall oleh Mitsubishi Motors Vietnam terhadap mobil sama yang diproduksi di pabrik Mitsubishi di CIkarang, Jawa Barat, sejak 1 Oktober lalu.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengakui distributor Mitsubishi Motors di Vietnam melakukan recall untuk Xpander, mobil small MPV yang diproduksi di Indpnesia sejak 2017. Namun, mobil Xpander yang dipasarkan di Indonesia tidak alami masalah seperti masalah pompa bahan bakar di Xpander yang dipasarkan di Vietnam.

"Kami tidak memiliki masalah produk yang sama dengan Vietnam. Karena itu, saat ini kami tidak memiliki rencana untuk melakukan recall di pasar Indonesia," ujar Nakamura dalam keterangan resminya, Kamis (3/10).

Namun demikian, lanjut Nakamura, masalah pompa bahan bakar di Vietnam tidak menutup kemungkinan terjadi di model Xpander yang beredar di pasar Indonesia.
Maka itu, jika ada pelanggan yang memiliki masalah serupa pada unit Xpander, mereka dapat menghubungi diler resmi Mitsubishi Motors Indonesia. Kami selalu mengutamakan keselamatan pelanggan sebagai prioritas utama, sehingga pasti mendukung perbaikan mobil mereka.

Per 1 Oktober tahun ini, Mitsubishi Motors Vietnam (MMV) melakukan penarikan kembali terhadap 14.051 unit Xpander yang diproduksi di Indonesia periode 14 Agustus 2018 dan 26 Agustus 2019. Recall ini dilakukan untuk memperbaiki masalah di fuel pump atau pompa bahan bakar, seperti dikutip dari situs berita vnexpress.net.

Recall ini dimulai sejak 1 Oktober tahun ini hingga 30 September 2021. Mitsubishi Motors akan mengganti komponen pompa bahan bakar ini di semua unit kendaraan di seluruh diler resmi secara gratis alias bebas biaya.

Pengganti komponen ini berlangsung selama 72 menit, kata juru bicara perusahaan sambil menambahkan bahwa seluruh Xpander yang diproduksi setelah 26 Agustus 2019 aman, karena menggunakan komponen pompa bahan bakar baru.

(mdk/sya)