Yuk berkenalan dengan Fitur Dive-in Seat Toyota Sienta

OTOMOTIF | 14 April 2016 19:31 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Mobil terbaru toyota, Sienta, terus menarik perhatian pengunjung di event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (14/4). Dua unit Sienta yang dipamerkan di booth Toyota dieksplor banyak pengunjung.

Fitur utama Sienta yang menarik pengunjung adalah dive-in seat. Fitur ini memungkinkan kursi baris ketiga berada di bawah kursi baris kedua sehingga menciptakan ruang bagasi bertambah luas signifikan. Dengan ruang yang lebih luas dan lantai rata, potensi barang yang bisa dibawa atau dimasukkan sangat tinggi. Misalnya, sepeda gunung untuk orang dewasa sangat muat di ruang tersebut. Bahkkan menyisakan banyak ruang lagi.

Nah, begini cara kerja fitur dive-in seat, pertama tarik knob di jok baris kedua, yang otomatis membuat jok baris kedua tertekuk dan menyisakan ruang di bawahnya. Kemudian tarik knob di atas jok baris ketiga, kemudian tarik tali di bawah jok baris ketiga. Hasilnya, jok baris ketiga sudah berada di dalam ruang bawah jok baris kedua.

Dalam satu kesempatan, Merdeka.com menyaksikan sendiri seorang bapak menjajal ruang luas itu dengan posisi tidur. Sayang, ruang luas di baris kedua dan ketiga Sienta itu tidak cukup panjang bagi si bapak. "Tidak cukup panjang untuk bisa tidur lurus," ujar si bapak.

Meski tak cukup panjang, mobil yang didesain membawa tujuh penumpang ini masih mampu membawa barang dalam jumlah besar, seperti sepeda gunung atau kardus barang ukuran jumbo.

Dive-in-seat Toyota Sienta ©2016 Merdeka.com

Dive-in-seat Toyota Sienta ©2016 Merdeka.com

Dive-in-seat Toyota Sienta ©2016 Merdeka.com

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, mengakui tingginya respons pengunjung pameran terhadap Sienta. Sebagai mobil baru di Indonesia, pengunjung tertarik segala fiturnya baik eksterior maupun interior. Fitur dive-in seat merupakan fitur standar global Toyota.

Kata Henry, Sienta adalah mobil keluarga yang bergaya dan fun, tapi memiliki kemampuan bagasi setara van yang besar. "Fitur dive-in seat banyak dijajal. Ini fitur baru dan pertama di Indonesia," ujar Henry.

Dive-in seat adalah fitur global Toyota yang pertama di Indonesia, terutama di segmen mobil penumpang keluarga berpintu geser otomatis. Di segmen ini, Sienta akan menjadi pesaing kuat Honda Freed.

Sienta dipasarkan di Indonesia dalam empat varian, dengan harga jual mulai Rp 230 juta hingga Rp 295 juta (on the road Jakarta). Menggunakan mesin berkode 2NR-FE dengan 4silinder in line, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.497 cc, dengan torsi maksimal 14.3/4.200 rpm. Dua pilihan transmisi, yakni manual dan CVT dengan 7 percepatan.


Sienta meluncur di IIMS 2016, ground clearance lebih tinggi dari Jepang
Mengapa Indonesia jadi negara pertama yang produksi Toyota Sienta?
Dibikin di Karawang, Toyota Sienta punya 80 persen komponen lokal
Diperkenalkan di IIMS, Toyota jual seri Sienta mulai Rp 230 juta
Toyota Sienta lebih panjang dari Honda Freed
Toyota belum buka pesanan MPV Sienta
Nasmoco: Pasar Toyota lebih bagus di 2016 karena Sienta

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT