12 Program Studi Unair Bakal Terima Akreditasi Internasional

12 Program Studi Unair Bakal Terima Akreditasi Internasional
PENDIDIKAN | 21 Februari 2020 10:43 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebanyak 12 program studi di Universitas Airlangga (Unair) akan menerima akreditasi internasional. Lembaga akreditasi program studi internasional dari Jerman (ASIIN) bakal melakukan verifikasi terhadap program studi tersebut.

Kevin Cassar, assesor ASIIN saat berkunjung ke Unair, Selasa (18/2). Kevin menyampaikan, pihaknya meyakini Unair memiliki kualitas pendidikan yang baik.

"Kami percaya dan telah melihat UNAIR memiliki kualitas pendidikan yang mengagumkan lewat kolaborasi dan pengembangan medisnya. Saya berharap diskusi kali ini menjadi hal yang membangun bagi semua pihak," ucap Kevin kepada wartawan, Jumat (21/2).

Untuk itulah, asesor ASIIN mendatangi Unair dengan membawa agenda berupa verifikasi dokumen terkait 12 prodi yang siap untuk mendapat akreditasi dari badan akreditasi internasional tersebut.

1 dari 1 halaman

Kedua belas prodi tersebut adalah S1 Kedokteran, S2 Kedokteran Dasar, S2 Kesehatan Tropis, S1 Kebidanan, S1 Keperawatan, S2 Keperawatan, Spesialis Anaesthesiology dan Terapi Intensif, Spesialis Microbiologi Klinis, Spesialis Bedah Saraf, Spesialis Ginekologi Obstetric, Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, serta Spesialis Pediatri.

Kunjungan pihak ASIIN ini diterima oleh jajaran pimpinan Unair di Aula Kahuripan 301 yang dihadiri oleh asesor ASIIN asal Jerman, sederet petinggi fakultas Unair, serta asesor internal asal Universitas Indonesia dan Universitas Hasanuddin.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih menyampaikan, beberapa poin penting mengenai kurikulum, komitmen, rekognisi dan kolaborasi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan Unair.

"Setiap tahun kami meningkatkan rekognisi dan kolaborasi global lewat 200 partnership yang telah kita bangun dengan kampus-kampus di seluruh dunia. Selain itu, banyak prodi kami yang telah terakreditasi Abest21, ASIC, APHEA. Kami juga punya global associations dengan ASEAN, WFSA, GAPNA, HSG, IFA, dan masih banyak lagi," ungkap Moh Nasih.

Upaya verifikasi dari program studi ini juga bagian dari langkah Unair untuk selalu menjadikan standar dan kualitas pendidikan sebagai hal utama yang terus dikembangkan, terlebih dengan target Unair untuk meraih 500 World Class University.

(mdk/rnd)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami