2 Latihan senam tanpa alat ini bisa dilakukan dengan mudah, loh!

PENDIDIKAN | 25 Juli 2016 18:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Senam adalah salah satu cabang olahraga yang sudah punya banyak peminat sekarang. Ada 2 jenis senam, yaitu senam alat dan senam tanpa pakai alat. Beberapa senam tanpa alat yang bisa kamu lakukan adalah latihan lenting tengkuk dan latihan lenting kepala. Lalu, bagaimana caramu untuk bisa melakukannya? Yuk simak penjelasannya.
Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa melakukan latihan lenting tengkuk, yaitu:

  1. Sikap awalan yang digunakan adalah berbaring telentang atau bisa juga dengan duduk berselonjor.
  2. Lakukanlah guling ke belakang dengan tungkai lurus. Posisikan kaki sedekat mungkin dengan kepala dan jempol di sebelah telinga.
  3. Setelah itu, lakukan guling depan diikuti dengan lecutan tungkai ke depan atas dengan tangan menolak. Kepala harus rileks dan badan melayang.
  4. Lakukan pendaratan dengan kaki rapat dan dorongkan panggul ke depan. lengan lurus ke atas dan badan membusung ke depan.


Selain latihan lenting tengkuk, masih ada satu senam lagi yang akan kita bahas, yaitu latihan lenting kepala. Latihan ini bisa kamu lakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Membungkuklah dengan bertumpu di kaki dan bentuklah segitiga sama sisi dengan punggung yang lurus. Rapatkan tungkai dan tumpukan jari kaki di lantai.
  2. Lakukan guling ke belakang dengan lecutan tungkai bersamaan dengan tangan yang melakukan tolakan sekuat mungkin.
  3. Pendaratan dilakukan dengan kaki rapat dan badan membusur. Selain itu, lengan harus mengarah ke atas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang latihan senam tanpa alat yang bisa kamu lakukan. Sebelum melakukan latihan ini, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu supaya nggak terjadi cedera saat kamu melakukannya. Menarik kan?

(mdk/iwe)