3 Strategi dasar softball untuk pemula, apa saja?

3 Strategi dasar softball untuk pemula, apa saja?
PENDIDIKAN | 14 Juli 2016 18:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Permainan softball adalah salah satu permainan bola kecil yang saat ini sering dimainkan oleh anak-anak. Pada dasarnya, permainan ini membutuhkan dua orang pemain dalam setiap pertandingannya, yaitu tim penyerang dan tim bertahan. Untuk tim bertahan, strategi untuk mempertahankan base adalah hal yang wajib untuk diketahui. Ada beberapa strategi yang bisa digunakan dalam permainan softball ini, misalnya saja steal, relays ball dan cut off the ball. Lalu, bagaimana cara melakukan teknik itu? Yuk kita bahas satu persatu.

Steal dalam melakukan permainan softball adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh para pelari di base dan bisa juga disebut dengan nama pencuri base. Kesuksesan strategi ini dipengaruhi oleh kecepatan melihat dan berlari si pelari saat pitcher melepaskan bola. Si pelari akan langsung melompat untuk meninggalkan base itu. Meskipun begitu, para pemain yang mau mencoba melakukan steal ini harus beraksi cepat. Kalau ingin melakukan steal, maka bergeraklah ke arah base dan teriakkan steal.

Lain lagi dengan relays ball. Relay bola adalah hal yang paling gampang untuk dipelajari oleh para pemain. Sesaat setelah pemain menerima bola lemparan dari outfield, segera lemparkan ke infield. Setelah itu, home plate akan merelay bola. Bola akan dipukul terlalu jauh di outfield dan beberapa pemain akan melakukan relay untuk bisa melempar ke home plate.

Yang terakhir adalah cut off the ball. Arti dari strategi ini adalah memotong bola. Lemparan bola kadang-kadang butuh untuk dipotong ditengah jalan sebelum sampai sasaran. Untuk bisa melempar bola ke base 3, bola akan dipotong oleh short stop. Tiga strategi ini bisa dipraktekkan kapan saja dalam softball. (mdk/iwe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami