4 Langkah ini harus kamu lakukan dalam senam peti lompat

PENDIDIKAN | 28 Juli 2016 18:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Pernahkah kamu mendengar tentang senam? Senam adalah sebuah rangkaian dari latihan jasmani yang tersusun dari beberapa jenis dan dilakukan dalam waktu tertentu juga dengan maksud tertentu. Ada beberapa teknik senam alat yang bisa dilakukan, salah satunya adalah loncat kangkang di atas peti lompat. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Yuk kita simak bersama.

Latihan senam yang satu ini membutuhkan keberanian dan perhitungan yang teliti untuk bisa mencapai ketinggian tolakan kaki di titik tumpu. Hal ini ditujukan supaya bisa melewati peti lompat yang sudah disediakan tanpa cedera. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam latihan senam ini, yaitu awalan tolakan dua kaki, cara mengambil awalan, cara melewati peti dan sikap mendarat yang baik saat melakukan latihan senam yang satu ini.

Yang pertama adalah latihan awalan dua kaki. Yang harus kamu lakukan adalah:

  • Lakukan lompatan dengan peti lompat yang rendah. Setelah itu, tingkatkan ke peti yang lebih tinggi.
  • Dari sikap berdiri, posisikan dua tanganmu di peti lompatan lalu tolakkan kedua kakimu selebar dan setinggi mungkin. Lakukan hal ini secara berulang-ulang.

Setelah itu adalah cara mengambil awalan, yaitu:

  1. Berdirilah tegak dengan tangan menempel di badan lalu larilah mengambil awalan.
  2. Lakukan perhitungan dari langkah awal sampai langkah tumpu supaya bisa meloncat tinggi.
  3. Ayunkan lenganmu untuk persiapan melewati peti.

Selanjutnya adalah cara melewati peti, kamu cukup melakukan keseimbangan yang baik supaya pendaratannya juga bagus. Untuk mendaratnya, lakukan dengan dua kaki yang menapak bersama-sama. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang apa saja yang harus kamu lakukan dalam latihan senam peti lompat ini kan?

(mdk/iwe)