5 Jenis senam alat yang bakal bikin kamu 'hobi' olahraga

PENDIDIKAN | 28 Juli 2016 14:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Pernahkah kamu mendengar tentang senam? Senam adalah salah satu cabang olahraga yang sudah banyak dilombakan dalam berbagai tingkatan. Sudah banyak atlet yang sukses dalam cabang senam baik yang dengan alat atau nggak. Pengertian senam yang sebenarnya adalah sebuah rangkaian latihan jasmani dan rangkaian ini dibuat untuk beberapa tujuan. Menurut Johan Basedow, seorang pelopor senam di sekolah dari Jerman. Dia sudah berjasa untuk memasukkan olahraga senam dalam salah satu jenis mata pelajaran di sekolah pada tahun 1776. Di tahun yang sama, Johan Cristian Frederick Guthmuths di Jerman juga sudah membuat senam sekolah yang sistematis. Dia juga yang sudah dianggap sebagai bapak senam dunia.

Ada banyak sekali jenis senam yang dilombakan. Untuk putra, ada 5 jenis senam alat yang dilombakan, yaitu:

  1. Palang sejajar atau parallel bars.
  2. Palang tunggal atau horizontal bars.
  3. Kuda-kuda atau vaulting horse.
  4. Kuda-kuda pelana atau pommeled horse.
  5. Gelang-gelang atau ring.

Sedangkan untuk putri, cuma ada 3 nomor senam alat, yaitu palang bertingkat atau univen bars, balok titian atau balance beam dan kuda-kuda atau vaulting horse. Secara keseluruhan, latihan senam di nomor senam alat punya gerakan campuran dari gerakan keseimbangan dan gerakan bertahan. Senam ini membutuhkan keberanian, kekuatan otot tangan dan punggung dan juga keterampilan yang baik.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang apa itu senam dan senam alat apa saja yang digunakan dalam sebuah perlombaan. Sebelum melakukan berbagai gerakan senam ini, kamu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya nggak terjadi cedera waktu kamu melakukannya. Senam ini juga bisa menambah kelenturan badanmu dan bisa membuat tubuhmu menjadi seimbang.

(mdk/iwe)