Awas, 2 penyakit kulit ini harus kamu hindari

PENDIDIKAN | 25 April 2016 16:30 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Tubuh sehat yang jauh dari penyakit adalah impian semua orang. Dengan tubuh yang sehat, kamu bisa aktif di sekolah atau di luar sekolah. Semua kegiatan fisik bisa kamu lakukan tanpa rasa lemas dan gangguan penyakit. Untuk itu, kesehatan sangat penting untuk dijaga. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan menjauhi penyakit. Kali ini, yuk kita kenali 2 jenis penyakit yang menyerang kulit dan cara-cara untuk mencegahnya.

1. Penyakit panu

Penyebab penyakit panu adalah sebangsa jamur yang penularannya dapat secara kontak langsung dan nggak langsung. Kalau kamu terserang penyakit panu, akan muncul beberapa gejala seperti timbulnya bercak putih secara menyebar pada permukaan kulit dan terasa gatal terutama waktu sedang berkeringat.

Terus, bagaimana cara mencegah datangnya penyakit panu? Ikuti beberapa cara di bawah ini:

  • Menjaga kebersihan badan, dengan mandi minimal 2 kali sehari
  • Sangat dianjurkan tidak bertukar pakaian, terutama dengan penderita

2. Penyakit Kudis (Scabies)

Penyebab penyakit adalah Sarcoptes Scabei yang penularannya dapat secara kontak langsung dan nggak langsung. Gejala penyakitnya adalah tumbulnya bercak merah dan bintik-bintik pada permukaan kulit.
Pada malam hari, bercak merah dan bintik-bintik itu akan terasa gatal.

Untuk mencegahnya, kamu perlu melakukan:

  • Menjaga kebersihan badan, dengan mandi minimal 2x sehari.
  • Sangat dianjurkan tidak bertukar pakaian, terutama dengan penderita.

Kalau kamu terserang penyakit panu dan kudis, maka sebaiknya segera berobat ke dokter. Dengan begitu, tubuhmu akan segera membaik dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman. Selain 2 penyakit ini, sebenarnya masih banyak jenis penyakit kulit lain yang bisa menyerang manusia. Untuk itu, nggak ada salahnya kamu banyak belajar tentang penyakit-penyakit itu. (mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.