Berbagai gerakan senam irama dengan menggunakan alat, coba yuk!

PENDIDIKAN | 23 Juni 2016 14:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai banyak yang mempelajari tentang senam irama. Senam irama adalah sebuah gerakan yang diikuti dengan nada atau irama tertentu seperti tepukan tangan atau yang lainnya. Senam irama ini bisa dilakukan dengan simpai atau tanpa alat.

Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan dalam senam irama menggunakan alat, misalnya saja putar simpai meregang ke samping, putar mendatar dan lompat depan. Pastinya untuk bisa melakukannya, ada beberapa cara yang harus kamu kuasai terlebih dahulu. Nah, sekarang kita akan membahas tentang putar simpai meregang ke samping terlebih dahulu.

Yang harus kamu lakukan adalah:

  1. Berdiri dengan kaki terbuka dengan simpai dipegang di tangan kiri. Tangan kanan menghadap ke depan sedangkan tangan kiri menghadap ke belakang.
  2. Lintaskan tangan kanan ke atas sebelah kiri dengan simpai yang diputar setengah dan regangkan ke kiri sambil pindahkan berat badan ke sebelah kiri. Ganti arah gerakanmu dan kembalilah ke posisi awal.


Untuk gerakan putar mendatar, ini adalah gerakan yang harus kamu lakukan, yaitu:

  1. Berdirilah dengan memegang simpai di kedua tangan di depan badan. Lengan mendatar dan telapak tangan ke depan. Peganglah simpai dengan tiga jari, yaitu ibu jari, telunjuk dan jari tengah.
  2. Gerakkan jari-jarimu dan putar simpai sampai ke dalam dan keluar.


Yang terakhir, untuk melakukan lompat depan, lakukan hal ini:

  1. Berdirilah dengan simpai ada di depan, tangan datar dan telapak tangan menghadap ke bawah.
  2. Ayunkan simpai ke bawah dan melompatlah seperti lompat tali.


Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang 3 gerakan yang bisa kamu lakukan dalam senam irama menggunakan simpai.

(mdk/iwe)