Berbagai sifat zat basa yang khas dan beda dari lainnya

PENDIDIKAN | 22 Juli 2016 12:30 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Tahukah kamu seperti apa sifat berbagai zat yang di dunia? Ada banyak sekali, misalnya zat asam, basa dan garam. Menurut Stave Arrhenius, seorang kimiawan Swedia, asam adalah suatu zat yang melepaskan ion hidrogen (H+) ketika dilarutkan dalam air, sedangkan basa adalah zat yang melepaskan ion hidroksida (OH¯). Definisi ini membatasi asam dan basa untuk zat-zat yang dapat larut dalam air.

Kali ini, kita bakal bahas lebih lanjut tentang zat yang bersifat basa. Di antara contoh basa yang ada di alam semesta, basa yang sudah banyak dikenal adalah soda api (NaOH) dan amoniak (NH3). Sifat zat basa tentu beda dari garam dan asam. Sifat-sifat basa antara lain:

  1. Terasa licin jika terkena kulit.
  2. Menghantarkan arus listrik.
  3. Kalau dilarutkan dalam air akan melepaskan ion hidroksida (OH¯).
  4. Mengubah lakmus merah menjadi biru.
  5. Menetralkan larutan asam.

Berbagai zat basa dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu basa kuat dan basa lemah. Kekuatan basa bergantung pada kemampuan melepaskan ion OH¯ dalam larutan dan konsentrasi larutan basa tersebut. Basa kuat bersifat korosif. Contoh basa kuat adalah natrium hidroksida (NaOH) dan kalium hidroksida (KOH), sedangkan contoh basa lemah adalah amoniak (NH3). Berbagai basa dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan juga untuk industri. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti sudah sangat mengenal pasta gigi. Pasta gigi juga bersifat basa.

Nah, itulah beberapa fakta tentang zat basa yang ada di sekitar kita. Dengan mengetahuinya, maka kamu akan bisa memanfaatkan mereka untuk kepentingan manusia, tentunya dengan cara yang bijak, Bereksperimen dengan zat basa juga sangat menarik, selama kamu mengutamakan keselamatan kerja. Selamat mencoba!

(mdk/iwe)