Bingung cari data untuk karangan ilmiah? Perhatikan aturan ini yuk!

PENDIDIKAN | 8 April 2016 15:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Pernah nggak kamu mendengar istilah plagiasi? Mungkin sebelumnya kamu sering mendengar kata plagiat atau plagiasi dalam industri musik. Kalau ada seorang pecipta lagu yang meniru sebagian besar atau seluruh bagian sebuah lagu lain, kemudian mengakui lagu itu adalah miliknya, maka itu adalah plagiasi. Plagiasi nggak cuma terjadi dalam hal musik, loh! Plagiasi juga bisa terjadi pada tulisan. Kalau seseorang mengambil tulisan orang lain dan mengakui itu sebagai miliknya, itu juga disebut sebagai plagiasi.

Terus apa kita nggak boleh membuat tulisan baru berdasarkan beberapa data dari tulisan orang lain? Boleh banget kok, asalkan dilakukan dengan cara yang benar. Nah, kali ini kita akan membahas tentang beberapa aturan yang perlu diperhatikan dalam pengambilan data, baik dari penelitianmu sendiri maupun dari tulisan orang lain:

  1. Harus mencantumkan sumber aslinya. Kalau kamu hanya mengambil data seseorang tanpa mencantumkan sumbernya, maka bisa dibilang kamu melakukan plagiasi.
  2. Dilarang mengarang data. Terutama dalam membuat karangan ilmiah, semua datanya harus sesuai dengan fakta. Kamu nggak boleh mengubah ataupun merekayasa data yang kamu ambil dari orang lain ataupun dari penemuanmu sendiri.
  3. Pengambilan data hendaknya diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya, baik dari objektivitas, metode pengumpulan, (jika data diperoleh dari pengamatan, pengujian, atau angket) maupun kewenangan pihak pemberi data.

Itulah beberapa syarat pengambilan data yang bisa kamu gunakan untuk menulis karangan ilmiah. Kalau datamu benar dan bisa dipertanggungjawabkan, maka pembaca nggak akan ragu untuk mempercayai isi karanganmu. Sebaliknya, kalau karyamu nggak jelas penulisannya dan banyak melakukan plagiasi, maka karyamu akan sulit dipercaya. Yuk menulis karangan ilmiah dengan cara yang mudah dan benar!

(mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.