Cara mudah lakukan jurus keempat dalam pencak silat

PENDIDIKAN | 22 Juli 2016 12:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Tahukah kamu tentang olahraga beladiri pencak silat? Pencak silat adalah sebuah beladiri yang berasal dari Indonesia asli. Tentunya kamu juga sudah pernah melihat orang yang memakai baju hitam dan melakukan gerakan-gerakan yang melambangkan sesuatu. Nah, sekarang kita akan membahas dua diantaranya, yaitu jurus empat yang mewakili tentang persaudaraan dan persatuan.

Jurus keempat ini punya dua pola, yaitu pola lantai lurus dan pola langkah silang atau berputar. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya:

  1. Kuda-kuda yang digunakan adalah kuda-kuda ringan di depan sebelah kanan dengan kedua tangan disilangkan di dada. Saat menyilangkan tangan, tangan kanan yang ada di atas.
  2. Gunakan pasang 4, yaitu dengan kaki kiri yang dilangkahkan silang di belakang dengan kuda-kuda silang di belakang. Jangan lupa, kedua tangan melakukan penghormatan sebagai lambang persaudaraan dan persatuan.
  3. Hentakkan tangan kanan dengan buku jari yang ditekuk.
  4. Lakukan tendangan samping kanan dengan tangan kanan mengepal di depan dengan arah bawah.
  5. Setelah itu, lakukan lagi tendangan depan kiri dengan tangan yang terbuka bersilang di depan tubuh.
  6. Kaki kiri akan diposisikan di belakang dengan melakukan tangkisan di tangan kiri. Di sisi lain, tangan kanan harus dalam posisi sedia di depan dada.
  7. Langkahkan kakimu maju ke dengan sambil memukul senggol kanan. Tangan kiri harus bersedia di depan dada.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang cara untuk melakukan gerakan dalam jurus 4. Gerakan-gerakan silat ini sangat indah dan harus dilakukan dengan benar dan berurutan supaya nggak kehilangan arti dan maksudnya. Hal ini dikarenakan setiap gerakan memiliki perlambangannya sendiri-sendiri.

(mdk/iwe)