Cegah penyakit malaria dengan melakukan tips ini

Cegah penyakit malaria dengan melakukan tips ini
PENDIDIKAN | 22 April 2016 16:30 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Setiap hari, manusia punya banyak hal yang harus dilakukan. Pelajar seperti kamu misalnya, harus berangkat menuntut ilmu ke sekolah, ikut ekstrakurikuler, bersosialisasi dengan teman, dan masih banyak lagi. Semua aktivitas ini nggak bisa kamu lakukan dengan lancar kalau dalam kondisi sakit. Untuk itu, menjaga kesehatan jasmani memang penting banget. Nah, kali ini kita akan membahas tentang penyakit yang perlu kamu waspadai, yaitu malaria.

Penyebab malaria nggak lain adalah plasmodium yang masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Kalau terserang penyakit malaria, tubuhmu akan mengalami berbagai gejala seperti demam disertai badan menggigil, badan banyak mengeluarkan keringat dingin, sakit kepala, terserang demam setiap 3x sehari atau 4x sehari, dan pada saat Plasmodium sudah menyerang otak, kesadaran mulai menurun dan bisa terjadi kelumpuhan. Kalau nggak segera ditangani, malaria bisa menyebabkan kematian, loh!

So, apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit malaria? Simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Lingkungan harus tetap bersih, baik dari sampah, air tergenang, kaleng kosong, maupun ban bekas yang dijadikan tempat hidup dan berkembang biak nyamuk
  2. Pasang kelambu di kamar, ventilasi rumah juga bisa dipasangi kawat nyamuk
  3. Dianjurkan sebelum tidur kamar menggunakan obat nyamuk, baik yang disemprot atau bakar
  4. Hindari menggantungkan pakaian di kamar/di balik pintu
  5. Hindari bepergian ke daerah yang terjangkit malaria
  6. Kalau ada satu orang terjangkit malaria di sekitar rumahmu, sangat dianjurkan kerjasama dengan pihak RT, RW, Kelurahan dan PUSKESMAS untuk melakukan fogging atau pengasapan.

Dengan melakukan hal-hal di atas, kamu bisa mencegah munculnya penyakit malaria di lingkunganmu. Jadi, nggak ada salahnya segera melakukan pencegahan terhadap penyakit ini, mulai dari diri sendiri. (mdk/iwe)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami