Coba 2 sikap awal yang ada dalam senam irama ini, yuk!

PENDIDIKAN | 20 Juni 2016 12:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Pernahkah kamu melihat orang yang sedang melakukan senam irama? Senam irama adalah sebuah gerakan yang diikuti dengan nada atau irama tertentu seperti tepukan tangan atau yang lainnya. Sebelum bisa mempelajari cara melakukan langkah kaki, akan sangat baik kalau mempelajari tentang sikap awalnya terlebih dahulu. Sikap awal yang ada dalam senam irama terbagi jadi dua bagian, yaitu sikap tegak langkah kaki kiri dan kanan, serta sikap tegak anjur kaki kiri, kanan, depan dan belakang.

Sikap tegak langkah kaki kiri bisa dilakukan dengan berdiri di atas kaki kanan dengan ujung kaki kiri ada di samping tumit kanan. Jangan lupa, tekuklah lututmu sedikit saja. Sedangkan tegak langkah kanan, bisa kamu lakukan dengan berdiri di atas kaki kiridengan ujung kaki kanan ada di samping tumit kiri. Seperti tadi, jangan lupa untuk menekuk sedikit lututmu. Bagian yang kedua dari sikap awal senam irama ini adalah sikap tegak anjur kaki kiri, kanan, depan dan belakang. Nah, simak 2 penjelasannya berikut ini:

  1. Tegak anjur kiri ke depan: Lakukan dengan berdiri di atas kaki kanan, tentunya dengan lutut yang sedikit ditekuk. Kaki kiri harus lurus ke depan dengan tumit diangkat dan ujung jari kaki di lantai. Tumpukan berat badan di kaki kanan.
  2. Tegak anjur kanan ke depan: Lakukan dengan berdiri di atas kaki kiri dengan lutut kiri ditekuk. Kaki kanan harus lurus ke depan dengan tumit diangkat dan ujung jari kaki di lantai. Tumpukan berat badan di kaki kiri.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang cara melakukan senam irama dengan anjur-anjur yang sudah ada. Belajar dengan giat bisa menjadikanmu cepat bisa.

(mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.