Elemen-elemen ini bisa bikin musik jadi spektakuler!

PENDIDIKAN | 8 April 2016 16:30 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Indonesia punya banyak banget pulau, terpisah dengan selat, atau bahkan laut. Dengan kondisi geografis yang seperti itu, nggak heran kalau bangsa ini bisa punya beragam kelompok masyarakat atau suku yang berbeda, Keberagaman suku inilah yang bikin budaya Indonesia juga berbeda-beda. Budaya menghasilkan banyak hal; ada bahasa, busana, seni rupa, dan juga seni musik.

Musik, seperti halnya cabang seni lain, penuh dengan simbol-simbol tertentu yang punya hubungan erat dengan makna dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Simbol-simbol juga terlihat pada karakter bunyi yang dihasilkan oleh instrumen-instrumen tersebut (musikal), termasuk vokal manusia.

Kamu pasti pernah sesekali, atau bahkan mungkin sudah sering menonton acara kompetisi menyanyi di televisi, apapun genrenya. Mulai dari pop, rock, dangdut, dan genre-genre yang lain. Komentator atau juri yang ada dalam acara kompetisi musik biasanya fokus untuk mengomentari beberapa elemen utama dari suara sang penyanyi. Elemen-elemen itu misalnya:

  1. Nada (pitch), adalah permainan pada tinggi dan rendahnya bunyi. Semakin luas range-nya, biasanya semakin menarik pula suatu musik.
  2. Ritme, adalah durasi setiap bunyi. Ritme pada suatu lagu akan mempengaruhi suasana dan mood pendengarnya.
  3. Dinamika, adalah perubahan bunyi yang terdengar keras menjadi semakin lembut atau bunyi yang terdengar lembut menjadi semakin keras. Dinamika juga akan mempengaruhi penyampaian makna dari suatu lagu.
  4. Tempo, kecepatan music atau lagu, mulai dari sangat cepat, cepat, sedang, lambat, atau sangat lambat. Tanpa tempo yang pas antara penyanyi dan pengiring lagu, maka musik akan terdengar seperti 'kejar-kejaran'.
  5. Itulah beberapa elemen yang mempengaruhi keindahan musik. Elemen musik mana yang sudah kamu kuasai dengan baik?
(mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.