Hidup seru ala mamalia yang tinggal di laut, mau tahu?

PENDIDIKAN | 20 Juni 2016 09:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Di dunia ini, hewan digolongkan menjadi 2, yaitu invertebrata (hewan nggak bertulang belakang) dan vertebrata (hewan bertulang belakang). Salah satu jenis vertebrata adalah mamalia. Sebagian besar mamalia hidup di darat, tapi ada juga yang hidup di laut. Nah, kali ini, yuk kita bahas lebih banyak tentang mamalia yang hidup di laut.

Paus, lumba-lumba dan anjing hidup di lautan. Mereka mungkin mirip ikan (Pisces), tapi mereka sebenarnya termasuk mamalia. Mamalia laut melahirkan anak-anaknya dan menyusui mereka. Mamalia laut harus naik ke permukaan untuk bernapas.

Paus dengan gigi

Ada 2 jenis paus, paus bergigi dan paus balin. Yang termasuk paus bergigi adalah lumba-lumba, porpois, dan paus sperma. Lumba-lumba dan porpoise menangkap ikan. Paus sperma memakan cumi-cumi sebagai makanan utamanya.

Paus balin

Paus biru, paus kanan, paus kelabu dan paus bungkuk termasuk paus balin. Mereka nggak punya gigi, dan sebagai gantinya mereka punya pelat-pelat berumbai berukuran raksasa yang terbuat dari balin, yaitu materi yang mirip dengan kukumu. Mereka menggunakan pelat-pelat ini untuk menyaring hewan-hewan kecil (plankton) dari air.

Mamalia laut lainnya.

Anjing laut, walrus dan singa laut juga termasuk mamalia laut. Mereka berbeda dengan paus dan lumba-lumba, karena mereka kembali ke darat untuk melahirkan. Mereka menggunakan sirip untuk bergerak melintasi pasir, bebatuan dan es. Seperti semua mamalia yang lain, anjing laut kelabu juga menyusui anaknya. Bayi anjing laut disebut pup.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang mamalia yang hidup di laut. Sebagian dari mamalia di atas, punya ukuran yang sangat besar, bahkan kapal kecil pun bisa tertelan. Apakah kamu ingin belajar lebih banyak tentang mereka? (mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.