Inilah jenis-jenis senam lantai yang asyik untuk dipelajari

PENDIDIKAN | 9 April 2016 09:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Apakah kamu suka melakukan senam? Senam adalah salah satu olahraga yang menyenangkan. Senam adalah salah satu olahraga yang banyak disukai karena nggak butuh banyak alat yang bikin ribet. Plus, kamu bisa melakukan olahraga ini nyaris dimanapun.

Senam adalah terjemahan dari kata gymnastic (Bahasa Inggris) yang berasal dari Bahasa Yunani Gymnos. Secara istilah, senam dapat diartikan sebagai latihan jasmani yang dilakukan dengan sengaja, disusun secara sistematis, dan dilakukan dengan sadar dengan tujuan tertentu. Pertandingan senam dilakukan di Indonesia untuk pertama kali pada tahun 1963 menjelang GANEFO (Games Of The New Emerging Forces) secara Nasional olahraga senam dipertandingkan di Indonesia sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) ke VII di Surabaya.

Salah satu jenis senam yang bisa melatih kelentukan tubuh adalah senam lantai. Kali ini, yuk kita cari tahu tentang bermacam-macam jenis senam lantai:

  1. guling ke depan (forward roll)
  2. guling ke belakang (backward roll)
  3. lompat harimau (tiger sprong)
  4. lenting tangan (hands stand overslag)
  5. meroda
  6. lompat jongkok
  7. lenting tangan putar (round off)
  8. lenting tangan ke belakang (flik flak)
  9. keseimbangan lutut berguling (squat roll)
  10. lompat kangkang
  11. berdiri dengan kepala (kopstand)
  12. kayang (brug)
  13. sikap lilin
  14. salto ke depan (Summer vault)
  15. salto ke belakang (Back Summer vault )
  16. guling lenting (roll kiep)
  17. lompat ikan (snuck)

Well, itulah beberapa jenis senam lantai yang bisa kamu pelajari. Kalau kamu bisa melakukan semuanya, maka tubuhmu akan semakin terjaga kekuatan dan kelentukannya. Semua olahraga di atas bisa kamu pelajari melalui latihan, tapi sebisa mungkin mungkin berlatihlah dengan bimbingan pelatih yang sudah ahli.

(mdk/iwe)