Italia, negara indah dengan seni menawan dan makanan lezat

PENDIDIKAN | 21 Juni 2016 11:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Kalau liburan ke Eropa, kamu pasti nggak ingin melewatkan berkunjung ke Italia. Italia memiliki kota-kota spektakuler, kesenian yang indah, dan bangunan-bangunan megah serta makanan lezat, misalnya pizza dan aneka pasta. Salah satu bangunan yang sangat populer di negara ini adalah Katedral Florence yang terkenal dengan kubah indahnya, dibangun pada tahun 1436. Bentuk wilayah negara ini mirip sepatu bot yang menjorok ke Laut Mediterania. Iklimnya hangat dan cerah. Berikut ini adalah keterangan tentang negara Italia.

  1. Ibu kota: Roma
  2. Populasi: lebih dari 58 juta
  3. Luas wilayah: 301.270 km persegi
  4. Bahasa: Italia
  5. Mata uang: 1 Euro = 100 sen
  6. Pendapatan per kapita: $27.840

Sama seperti negara lain, Italia juga punya cara tersendiri untuk memakmurkan rakyatnya. Pabrik-pabrik di wilayah utara Italia, menghasilkan mobil, pakaian, dan sepatu. Tanah Italia utara sangat subur, sehingga pertanian yang terkaya juga terdapat di utara. Para petani Italia menanam gandum, bit, padi, sayur mayur, dan buah-buahan, termasuk anggur, untuk dibuat minuman.

Kalau dilihat dari sejarahnya, Italia dulunya adalah kerajaan. Kekaisaran Romawi yang kuat berkembang pesat di sekitar Roma, Italia. Kekaisaran ini runtuh sekitar 400 SM. Sejak abad pertengahan, Italia terbentuk dari negara-negara kota, yaitu Venice, Florence, dan Napoli. Tahun 1350 dan 1550, negara-negara kota ini berada di pusat kebudayaan yang tengah berkembang, yang dikenal sebagai renaissance. Italia menjadi satu negara pada tahun 1860-an.

Well, itulah beberapa fakta menarik tentang sejarah dan kehidupan warga di Italia. Saat ini Italia terus menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik domestik maupun asing. Apakah kamu juga ingin berkunjung ke Italia?

(mdk/iwe)