Kenali sastra Angkatan Balai Pustaka (1920) lewat ciri ini

PENDIDIKAN | 20 Juni 2016 10:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Apakah kamu suka membaca berbagai karya sastra? Sastra memang sangat menarik. Lewat bahasa yang dituliskan, seseorang bisa menggugah hati para pembacanya. Oleh karena itu, biasanya sastra nggak Cuma berisi curahan hati sang penulis, tapi juga memuat makna dan pesan yang ingin disampaikan. Ciri karya sastra dari masa ke masa mengalami perubahan seiring dengan perkembangan kondisi masyarakat. Inilah yang akhirnya membuat para ahli sastra membuat periodisasi angkatan sastra.

Salah satu sastrawan yang membuat periodisasi sastra adalah Rachmat Djoko Pradopo. Angkatan pertama sastra dalam klasifikasinya adalah periode Angkatan Balai Pustaka (1920). Di bawah ini adalah beberapa ciri dari karya sastra Angkatan Balai Pustaka (1920).

  1. Bersifat didaktis. Sifat ini berpengaruh sekali pada gaya penceritaan dan struktur penceritaannya. Semuanya ditujukan kepada pembaca untuk memberi nasihat.
  2. Bercorak romantis (melarikan diri) dari masalah kehidupan seharihari yang menekan.
  3. Permasalahan adat, terutama masalah adat kawin paksa, permaduan, dan sebagainya.
  4. Pertentangan paham antara kaum tua dengan kaum muda. Kaum tua mempertahankan adat lama, sedangkan kaum muda menghendaki kemajuan menurut paham kehidupan modern.
  5. Latar cerita pada umumnya latar daerah, pedesaan, dan kehidupan daerah. Misalnya, novel Sitti Nurbaya memiliki latar tempat di daerah Padang.
  6. Cerita bermain pada zaman sekarang, bukan di tempat dan zaman antah-berantah.
  7. Cita-cita kebangsaan belum dipermasalahkan, masalah masih bersifat kedaerahan.

Nah, itulah beberapa ciri dari karya sastra Angkatan Balai Pustaka (1920). Karya yang sebagian besar dalam bentuk roman ini menyampaikan banyak pesan moral untuk mengajarkan banyak hal pada pembaca. Apakah kamu juga suka membaca karya sastra dari Angkatan Balai Pustaka?

(mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.