Advertorial

Lewat Busana Khas Negara Asia Tenggara, Ajak Anak Kenali ASEAN dan Budayanya

Lewat Busana Khas Negara Asia Tenggara, Ajak Anak Kenali ASEAN dan Budayanya
Lewat Busana Khas Negara Asia Tenggara, Ajak Anak Kenali ASEAN dan Budayanya. ©2021 Merdeka.com
PENDIDIKAN | 27 April 2021 13:35 Reporter : Jeffreydien Winanda

Merdeka.com - Mengajak anak untuk mengenali negara tetangga yang ada di wilayah Asia Tenggara perlu dilakukan sedini mungkin. Hal ini akan membuka cakrawala sekaligus mengenalkan wawasan internasional terhadap si kecil. Agar belajar di rumah mengenai negara Asia Tenggara terasa lebih menyenangkan, yuk manfaatkan tayangan Belajar dari Rumah episode 74 untuk siswa kelas 5 SD!

Mengenal Negara ASEAN

lewat busana khas negara asia tenggara ajak anak kenali asean dan budayanya
©2021 Kemendikbud

Sudah banyak anak yang pernah mendengar istilah ASEAN namun masih susah untuk memahaminya. Dalam tayangan Belajar dari Rumah episode 74 ini, dijelaskan dengan mudah apa itu ASEAN dan pengertiannya.

ASEAN yang merupakan kependekan dari Association of Southeast Asian Nation adalah perhimpunan bangsa-bangsa di wilayah Asia Tenggara yang memiliki 10 anggota termasuk Indonesia. Perhimpunan ini memiliki banyak tujuan mulai dari pemerintahan, ekonomi, kebudayaan, dan masih banyak lagi. Dalam pembahasan di tayangan Belajar dari Rumah episode 74, dijelaskan juga mengenai busana khas dari negara Asia Tenggara.

Negara Asia Tenggara Punya Busana yang Khas Lho!

lewat busana khas negara asia tenggara ajak anak kenali asean dan budayanya
©2021 Kemendikbud

Ditemani oleh Kak Ivan, mempelajari mengenai busana khas negara Asia Tenggara terasa menyenangkan. Keberagaman busana negara ini juga mencerminkan dari kebudayaan bangsa tersebut.

Seperti negara tetangga Malaysia yang memiliki busana khas serupa dengan Indonesia, yaitu Baju Kurung dengan ciri memiliki bentuk longgar dengan dilengkapi hijab di bagian atasnya. Sementara itu Myanmar juga memiliki busana khas bernama Longyi yang ternyata serupa dengan sarung.

Negara lain juga memiliki busana khas yang mencerminkan kebudayaan bangsa tersebut. Seperti Vietnam yang memiliki pakaian adat bernama Ao Dai, hingga negara Filipina yang memiliki busana nasional bernama Baro't.

Belajar Mengukur Skala Peta Negara ASEAN Yuk!

lewat busana khas negara asia tenggara ajak anak kenali asean dan budayanya
©2021 Kemendikbud

Dalam episode 74 Belajar dari Rumah ini Kak Ivan juga mengajak siswa kelas 5 SD untuk belajar bersama tentang mengukur skala peta. Sebelumnya, Kak Ivan juga memberikan pengetahuan mengenai jenis-jenis peta seperti peta kadaster, peta skala kecil, peta skala sedang, peta skala besar, hingga peta skala geografis. Tidak sulit kok, mengukur taksiran luas Negara berdasarkan skala peta bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan.

Banyak sekali ilmu bermanfaat yang didapat dari Belajar dari Rumah. Jadi, pastikan si kecil untuk terus mengikuti program Belajar dari Rumah setiap Senin - Jumat jam 10.30 - 11.00 WIB untuk siswa kelas 5 SD. (mdk/jfw)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami