Magnet yang sederhana tapi berfungsi menakjubkan

PENDIDIKAN | 19 Juni 2016 09:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Di rumah kamu pasti punya magnet, dong? Magnet merupakan gaya yang sangat kuat dan bermanfaat. Semua arus listrik di dalam rumahmu berasal dari generator-generator yang menggunakan magnet-magnet raksasa untuk menciptakan aliran listrik. Sebuah magnet dapat menarik objek-objek lain atau menolak magnet-magnet lain tanpa perlu menyentuhnya.

Sebuah magnet dikelilingi oleh medan magnet yang nggak kasat mata. Gaya magnet yang paling kuat terdapat di dua tempat, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Magnet hanya dapat menarik benda-benda tertentu, dan yang paling umum adalah benda-benda dari besi. Batu yang kaya besi, yang disebut lodestone adalah salah satu magnet alami pertama yang ditemukan manusia.

Salah satu manfaat sederhana magnet dapat kamu lihat dalam sebuah kompas. Jarum kompas merupakan magnet. Jarum itu selalu menunjuk ke utara karena searah dengan medan magnet bumi.

Elektromagnet (magnet listrik) merupakan jenis magnet yang sangat kuat yang digunakan pada banyak mesin-mesin listrik. Electromagnet diciptakan dengan cara mengalirkan arus listrik melalui gulungan kabel. Kalau arus dimatikan, magnet itu juga akan kehilangan tenaga.

Bumi memiliki medan magnet tersendiri, satu kutub magnetnya berada di dekat kutub utara, yang satu lagi di dekat kutub selatan. Sebuah elektromagnet dapat dinyalakan untuk mengambil sampah logam, lalu dimatikan lagi untuk menurunkan sampah tersebut. Magnet juga bisa digunakan untuk membersihkan jalanan dari paku-paku yang bisa melukai roda mobil atau motor. Sebuah tongkat dengan magnet besar di ujungnya bisa digunakan menarik paku-paku itu.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang magnet dan juga manfaatnya bagi kehidupan manusia. Magnet akan bisa membantumu untuk banyak hal. Dapatkah kamu menyebutkan manfaat lain dari magnet? (mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.