Menakjubkan, beginilah cara bunyi merambat di sekitarmu

PENDIDIKAN | 20 Juli 2016 11:30 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Gelombang suara adalah sesuatu yang mengagumkan. Kamu nggak bisa melihatnya, tapi kamu bisa mendengarnya dengan telingamu. Adanya gelombang suara memungkinkanmu untuk berbicara satu sama lain, mendengarkan musik, mendengarkan pelajaran dari guru, dan sebagainya. Suara kucing yang mengeong, decit kendaraan saat di-rem, semua bisa kamu dengar. Beberapa jenis suara seperti peluit anjing berada di luar penangkapan pendengaran kita.

Suara ada yang tinggi dan ada yang rendah. Suara tergantung pada frekuensinya (cepat tidaknya gelombang suara bergetar. Semakin tinggi frekuensi sebuah suara, semakin melengking suara itu. Frekuensi suara dihitung dalam satuan hertz (Hz) atau getaran per detik. Hampir semua manusia dapat mendengar suara antara sekitar 20 Hz dan 20 ribu Hz. Suara-suara di atas rentang pendengaran manusia disebut ultrasonik.

Gelombang suara dapat bergerak melewati benda padat , cair dan gas. Namun gelombang suara nggak bisa melewati ruang angkasa. Suara dapat bergerak menembus udara dalam kecepatan sekitar 330 meter per detik/ Ketika gelombang suara menabrak permukaan yang keras, akan memantul lagi sebagai gaung atau gema. Itulah yang membuatmu biasanya mendengarkan gaung atau gema saat berteriak di dalam ruangan kosong tanpa penyerap bunyi.

Banyak alat musik diciptakan dengan prinsip sifat bunyi yang merambat. Memukul gendang menghasilkan bunyi yang merambat melalui udara. Seruling adalah alat musik yang mampu mengolah gerakan angin untuk menghasilkan bunyi. Sementara itu bunyi juga dihasilkan melalui gesekan senar dengan biola.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang bunyi, serta bagaimana ia dihasilkan dan merambat. Bunyi adalah sesuatu yang menakjubkan saat ia sudah diolah untuk menjadi alunan yang merdu. Apakah kamu bisa memainkan alat musik untuk menghasilkan bunyi? (mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.