Mengenal arti sempit dan luas dari konstitusi, mau tahu?

PENDIDIKAN | 19 Juli 2016 15:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Pernahkah kamu mendengar tentang istilah konstitusi? Nama ini mungkin sering kamu dengar di televisi. Istilah konstitusi ini berasal dari bahas Prancis yaitu constituer yang berarti membentuk. Selain dari kata itu, ada juga beberapa kata lainnya yang berkaitan artinya dengan konstitusi, yaitu constitutie dari bahasa Belanda, constitution dari bahasa Inggris, konstitution dari bahasa Jerman dan constitutio dari bahasa Latin. Kata-kata ini menyatakan kalau arti dari konstitusi adalah pembentukan sebuah negara atau menyusun sebuah negara.

Konstitusi ini punya dua arti, yaitu secara luas dan secara sempit. Konstitusi secara luas adalah keseluruhan dari semua ketentuan-ketentuan dasar atau hukum dasar. Sedangkan arti konstitusi secara sempit adalah piagam dasar atau undang-undang dasar atau loi contitutionalle yang berartti kalau sebuah dokumen lengkap tentang aturan dasar negara. Pengertian dasar ini didukung oleh CF Strong yang mengartikan bahwa konstitusi adalah sebuah kumpulan dari asas-asas yang melaksanakan kekuasaan pemerintah, hak-hak pemerintah dan hubungan antara pemerintah dan yang diperintah.

Selain pernyataan dasar itu, ada beberapa ahli yang menyatakan pendapatnya tentang arti konstitusi, yaitu:

1. EC Wade. Beliau mengatakan kalau konstitusi adalah sebuah tulisan yang menyatakan tentang rangka dan tugas pokok dari badan pemerintahan sebuah negara dan menentukan apa saja pokok kerja dari badan itu.

2. Herman Heller. Beliau membagi konstitusi sendiri menjadi tiga tingkat, yaitu:

  1. Konstitusi sebagai pengertian politik, mencerminkan kondisi sosial politik sebuah negara.
  2. Konstitusi sebagai pengertian hukum, keputusan umum yang harus ditaati.
  3. Konstitusi sebagai peraturan hukum, peraturan hukum yang tertulis.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang dua ahli yang mengatakan pendapatnya tentang arti konstitusi secara luas. (mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.