Simak arti dasar negara dan awal lahirnya Pancasila

PENDIDIKAN | 21 Juli 2016 15:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Pernahkah kamu mendengar tentang dasar negara? Dasar negara kita adalah Pancasila dan dasar negara sendiri punya arti sebagai sebuah pedoman yang digunakan dalam mengatur pelaksanaan tatanegara sebuah negara di dalam segala bidang. Dasar negara adalah perwujudan dari impian para rakyat. dasar negara juga bisa sebagai fundamen yang kuat dan bersumber dari pandangan hidup atau cerminan dari kebudayaan yang tumbuh di sebuah wilayah dan diterima oleh semua lapisan masyarakat.

Dasar negara ini juga bisa disebut sebagai sebuah falsafah negara. falsafah negara ini punya posisi sebagai sumber dari semua sumber hukum yang ada di negara itu. Karena itulah, falsafah negara atau dasar negara bisa mengubah sikap hidup dan pandangan hidup untuk seluruh lapisan masyarakat.

Dasar negara adalah sebuah norma dasar atau staatfundamentalnorm. Dasar negara ini menjadi norma yang posisinya paling tinggi dalam sebuah negara. dasar negara ini berisi tentang kesepakatan dari masyarakat yang ada di wilayah tertentu.

Awal munculnya Pancasila dimulai saat akhir penjajahan Jepang di Indonesia. Sekitar tahun 1942, posisi tentara Jepang di Asia Tenggara semakin terdesak. Akhirnya, di tahun 1943, kekuatan yang dimiliki Jepang sudah sangat lemah sehingga Sekutu sudah bisa mengusir Jepang dengan mudah. Hal ini membuat kolonial Jepang melakukan perubahan dengan mulai memanfaatkan Indonesia dan bangsa Asia lainnya supaya mau mendukung Jepang dalam perang melawan tentara Sekutu.

Kesempatan yang baik ini digunakan oleh bangsa Indonesia untuk membantu Jepang dan menuntut kemerdekaan. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang arti dari dasar negara dan awal dari lahirnya Pancasila sebagai dasar negara kita. Tentunya kehadiran Pancasila sangat penting dalam kehidupan berbangsa.

(mdk/iwe)