Sumpah pemuda, bentuk semangat membara di masa penjajahahan

PENDIDIKAN | 22 Juli 2016 11:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Sumpah pemuda adalah salah satu gerakan yang pernah terjadi dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Isi sumpah pemuda ini sangatlah penting karena karena menjadi simbol dari komitmen dan keinginan bangsa Indonesia supaya bisa menjadi bangsa yang satu, tanah air yang satu dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Menurut Taufik Abdullah, sumpah pemuda ini menunjukkan pada kehidupan kita bahwa itu adalah sebuah peristiwa besar, yaitu Kongres Pemuda.

Selain itu, sumpah pemuda itu dilihat sebagai sebuah pernyataan yang fundamental dari sebuah bangsa yang saat itu masih dalam masa pembentukan negara. Tujuh tahun setelah organisasi pertama, para pemuda Indonesia mulai memiliki semangat untuk mengejar ketertinggalan walaupun masih bersifat kedaerahan. Namun, tahukan kamu bagaimana awal dari adanya sumpah pemuda?

Kaum muda yang terpelajar pada saat itu membawa adanya pemahaman baru yang nggak pernah terpikirkan sebelumnya. Kalangan elit baru itu cenderung memliklih pekerjaan yang elit juga, seperti menjadi menjadi dokter atau guru. Padahal, buruh dan petani adalah pekerjaan mayoritas yang dilakukan oleh para rakyat pada saat itu. Beberapa tahun setelah hadirnya Budi Utomo, para pemuda mendapatkan semangatnya lagi.

Puncaknya adalah pada saat 30 April sampai 2 Mei tahun 1926, mereka melakukan sebuah kongres pemuda pertama di Jakarta. Kongres itu dipimpin oleh M Tabrani dan ditujukan untuk mencapai sebuah perkumpulan pemuda yang bersifat nasional. Karena selama ini, organisasi pemuda selalu bersifat keaerahan. Bahkan sampai sekarang, sifat sumpah pemuda dan makna dari setiap isi-isinya masih tetap sangat penting untuk kepentingan negara. Selain itu, sebagai pemuda dan pemudi bangsa ini, kamu juga harus bisa memahami dan menerapkan isi sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.

(mdk/iwe)