Tahu banyak soal mamalia pemakan rumput, yuk!

PENDIDIKAN | 19 Juni 2016 10:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Sudahkah kamu mengenal berbagai jenis hewan mamalia? Hewan mamalia nggak hanya pemakan daging (karnivora). Banyak mamalia menghabiskan hidup mereka dengan memakan rumput-rumputan. Yang termasuk dalam jenis ini misalnya gajah, kuda, sapi, rusa, dan domba. Mamalia pemakan tumbuhan liar tinggal di dataran berumput, seperti padang rumput Amerika Utara atau savana Afrika. Binatang pemakan tumbuhan biasanya jinak dan dipelihara oleh petani-petani.

Pemakan tumbuhan disebut herbivora. Tumbuhan utama yang dimakan mamalia pemakan tumbuhan adalah rumput. Rumput bukan makanan tinggi energi sehingga hewan harus menghabiskan banyak waktu untuk makan. Gajah misalnya, menghabiskan waktu 16 jam per hari untuk makan. Lebih dari separuh makanan mereka adalah rumput, tapi mereka juga makan dedaunan, ranting dan buah.

a. Gajah

Ada 2 jenis gajah, yaitu gajah Afrika dan gajah Asia. Gajah Asia telinganya lebih kecil daripada gajah Afrika. Gajah menggunakan belalainya yang panjang untuk mengantar makanan ke mulut mereka. Seperti hewan-hewan perumput lainnya, gajah hidup dalam kelompok yang disebut kawanan. Beberapa kawanan sangat besar, terdiri atas sekitar 200 gajah.

b. Kuda

Kuda liar seperti zebra, hidup do padang-padang rumput Afrika dan Asia. Kalau terancam bahaya, mereka dapat berlari dengan sangat cepat untuk jarak yang jauh. Hampir semua kuda di dunia sudah dijinakkan. Di masa Lalu, kuda menarik gerobak dan kereta kayu. Sekarang ini, mereka digunakan untuk tunggangan untuk tunggangan atau balap kuda.

c. Hewan perumput lainnya

Ternak mencakup sapi, lembu, dan juga bison, kerbau, yak dan antelop. Semua hewan ini bertanduk dan memiliki kaki berkuku belah. Rusa punya tanduk bercabang, yang terbuat dari tulang.

Nah, itulah beberapa fakta tentang mamalia herbivora (pemakan rumput/daun). (mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.