Tak perlu belajar pada orang sukses untuk berhasil, ini tipsnya!

PENDIDIKAN | 8 April 2016 13:30 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Sukses sejatinya memang jadi tujuan setiap orang, entah dari segi karir atau pun pendidikan, sukses seolah jadi tolak ukur keberhasilan. Tapi sayangnya kamu nggak perlu belajar secara khusus pada orang tertentu untuk bisa sukses? Mau tahu alasannya? Intip yuk tips berhasil tanpa perlu belajar dari orang sukses berikut ini:

1. Sukses itu relatif

Alasan yang pertama yakni bahwa kesuksesan itu relatif. Definisi sukses setiap orang berbeda, belum tentu kesuksesan versi orang lain bisa jadi patokan untuk kesuksesanmu juga. Pandangan sukses seseorang tergantung dari latar belakang pendidikan seseorang, sifat dan tujuan pribadi serta filosofinya sebagai individu.

Oleh karena itu definisi sukses setiap orang tak bisa disamakan satu sama lain, tergantung tujuan yang ingin dicapai. Dari definisi di atas, bisa dimaknai bahwa kategori sukses yang berbeda membuat kamu tak perlu belajar dari kesuksesan orang lain.

2.Belajar dari kegagalan

Belajar dari orang sukses sering dinilai penting dilakukan, namun di atas itu semua masih ada yang lebih penting yakni belajar dari kegagalan. Kegagalan sejatinya adalah guru yang berharga bagi semua orang. Kegagalan bisa ditelaah dan jadi proses pembelajaran dengan memahami lebih dalam. Kamu jadi lebih paham apa yang bisa diubah di masa depan untuk menggapai tujuanmu, daripada hanya mendengar nasihat dari orang sukses.

3. Sukses butuh pengorbanan

Sukses tentu tak bisa dicapai dengan instan karena butuh pengorbanan besar. Terlepas dari definisi sukses yang berbeda-beda pada setiap orang, yang jelas pengorbanan untuk meraih sukses harus dilakukan. Pengorbanan tersebut bisa berupa materi, waktu, kualitas hidup dan tenaga. Tapi pengorbanan tersebut harus masuk akal, jangan sampai merugikan diri sendiri dan orang lain.

4. Sukses tergantung faktor eksternal

Kesuksesan tak bisa datang dengan sendirinya, ada faktor eksternal yang bermain di dalamnya. Faktor eksternal yang dimaksud di sini ada di luar kendali dan kontrolmu. Misalnya, kamu bisa mendapatkan gaji yang besar di sebuah perusahaan. Akan tetapi status atau reputasimu juga mudah dijatuhkan oleh orang di sekitarmu. Intinya, lingkungan yang tepat sangat berpengaruh pada keberuntungan dalam mengejar sebuah kesuksesan. Sudah siap mencoba tips di atas? (mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.