Tips melakukan langkah-langkah kaki dalam senam irama

PENDIDIKAN | 21 Juni 2016 09:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Mungkin kamu masih beranggapan kalau olahraga haruslah berkeringat dan nggak bisa dilakukan dengan indah. Namun, anggapan itu salah loh. Salah satu contoh olahraga yang tetap menunjukkan keindahan adalah senam irama. Senam irama adalah sebuah gerakan yang diikuti dengan nada atau irama tertentu seperti tepukan tangan atau yang lainnya. Langkah kaki adalah salah satu hal yang paling penting dalam senam irama ini. Ada beberapa macam langkah kaki dalam senam irama ini, misalnya saja langkah biasa atau loopas dan langkah rapat atau by trek pas.

Langkah biasa atau loopas diawali dengan tegak langkah kiri dengan dua tangan ada di pinggang. Pada hitungan pertama, langkahkan kaki kiri ke depan kaki kanan. Angkatlah tumit dan jadikan ujung kaki sebagai tumpuan. Setiap langkah lakukan dengan mengepit dan pindahkah berat badan di setiap langkah. Pada hitungan kedua, langkahkan kaki kanan ke depan, di depan kaki kiri. Angkat tumit dan jadikan ujung kaki jadi tumpuan badan. Setiap langkah harus dilakukan dengan mengeper dan ikuti dengan pemindahan berat badan. Irama yang digunakan dalam langkah ini adalah 2/4, 3/4 dan 4/4.

Langkah rapat atau by trek pas diawali dengan tegak langkah kaki kiri dengan kedua tangan di pinggang. Pada hitungan pertama, langkahkan kaki kiri ke depan diikuti dengan perpindahan berat badan ke depan. Pada hitungan kedua, langkahkan kaki kanan ke depan dan letakkan telapak kaki di samping. Langkah by trek pas ini bisa dilakukan dengan irama 3/4 dan 4/4. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang 2 langkah yang bisa digunakan dalam senam irama. Latihan yang rutin akan membuatmu semakin bisa.

(mdk/iwe)