Wallpas & Wisselpas, 2 langkah indah dalam senam irama

PENDIDIKAN | 21 Juni 2016 14:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Pernahkah kamu melakukan langkah dalam senam irama? Senam irama adalah sebuah gerakan yang diikuti dengan nada atau irama tertentu seperti tepukan tangan atau yang lainnya. Langkah kaki dalam senam irama ini ada beberapa macam, misalnya saja langkah tiga atau wallpas dan langkah ganti atau wisselpas. Nah, sekarang kita akan membahas tentang dua langkah itu.

Sikap awal yang dilakukan dalam langkah tiga atau wallpas adalah tegak langkah kaki kiri dengan dua tangan ada di pinggang. Ada tiga kali hitungan dalam langkah tiga ini, pada hitungan pertama, langkahkan kaki kiri ke depan dengan langkah biasa. Para hitungan kedua, langkahkan kaki kanan ke depan sesudah melangkah. Sedangkan di hitungan ketiga, langkahkan kaki kiri ke depan setengah langkah, lalu ganti dengan kaki kanan. Arahkan pandangan ke depan dan ikuti langkah dengan mengeper. Langkah tiga ini harus diikuti dengan lagu yang berirama 3/4.

Sedangkan pada langkah ganti atau wisselpas, sikap awal yang digunakan adalah tegak langkah kaki kiri dengan kedua tangan ada di pinggang. Hitungan pertama pada langkah ganti ini dilakukan dengan melangkahkan kaki kiri ke depan, ikuti dengan langkah kaki kanan ke depan di samping tumit kaki kiri. Hitungan kedua dilakukan dengan melangkahkan kaki kiri ke depan dan memindahkan berat badan ke sebelah kiri.

Pada hitungan ketiga, langkahkan kaki kanan ke depan diikuti dengan melangkahkan kaki kiri ke depan. Langkah terakhir dilakukan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan dan memindahkan berat badan ke kanan. Irama yang digunakan dalam langkah ini adalah irama 4/4. Nah, sekarang kamu sudah lebih tahu tentang dua langkah senam irama ini, kan?

(mdk/iwe)