Bank Mandiri dan LPEI Catat Telah Salurkan Rp1,8 Triliun untuk Dukung Kegiatan Ekspor

Bank Mandiri dan LPEI Catat Telah Salurkan Rp1,8 Triliun untuk Dukung Kegiatan Ekspor
Bank Mandiri. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko
PERBANKAN | 17 Januari 2022 20:11 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan Bank Mandiri tercatat telah memberikan pembiayaan sebesar Rp1,8 triliun hingga Desember 2021. Dana ini disalurkan untuk mendukung kegiatan transaksi ekspor.

Pembiayaan tersebut merupakan layanan transaksi perbankan bernama mandiri cash management untuk mendukung kinerja ekspor di era digital dan program penjaminan korporasi pemerintah (Jaminah) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

"Dari sisi finansial dan pelaksanaan mandat, LPEI dan Bank Mandiri melakukan layanan transaction banking," kata Direktur Eksekutif LPEI, Rijani Tirtoso dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (17/1).

Rijani mengatakan, program tersebut akan trus dilanjutkan di tahun 2022. Bahkan kerja sama bisnis dengan bank plat merah ini akan terus diperluas.

"Memperluas kerja sama bisnis dengan Bank Mandiri melalui pembiayaan buyer’s credit, penjaminan dan asuransi ekspor," kata dia.

Sementara itu, kerja sama dari sisi non bisnis, akan mengkolaborasikan program jasa konsultasi yang dimiliki LPEI dengan program sejenis dari Bank Mandiri. Adanya kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah eksportir baru dari Indonesia.

"Sehingga peningkatan eksportir baru dapat semakin terakselerasi,” tambah Rijani.

Selain kerja sama yang bersifat finansial, LPEI dan Bank Mandiri juga menjalin kerja sama non finansial. Keduanya akan melakukan talent exchange development program.

(mdk/idr)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami