Satu Hektare Lahan di Batas Kota Garut dan Kabupaten Bandung Terbakar

PERISTIWA | 18 November 2019 23:31 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Sebuah lahan terbakar di batas Kota Garut dan Kabupaten Bandung, Senin (18/11). Kebakaran diduga dipicu pengguna jalan membuang puntung rokok masih menyala ke lahan tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan menyebut bahwa kebakaran lahan tersebut terjadi sejak pukul 19.00 WIB.

"Lahan yang terbakar adalah di lahan Leuweungtiis, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Tepatnya di sekitaran batas kota Garut-Bandung. Kebakaran ini diduga akibat puntung rokok yang masih menyala dibuang sembarangan ke lahan tersebut. Di sekitarnya memang banyak ranting kering yang mudah terbakar," ujarnya.

Menurut dia, api menjalar ke empat titik di kawasan tersebut. Luasan area yang terbakar sendiri diperkirakan lebih dari 1 hektare lahan.

Pihaknya bersama unsur Koramil, Polsek, dan Kecamatan Kadungora dibantu warga hingga saat ini masih berusaha melakukan pemadaman. "Proses pemadaman dilakukan manual menggunakan air. Kita juga melakukan penyekatan agar api tidak kian menjalar," katanya.

1 dari 1 halaman

Arus Lalu Lintas Tidak Terganggu

Tubagus menyebut bahwa lokasi lahan kebakaran berada di pinggir jalan raya Garut-Bandung. Namun meski demikian ia menyebut bahwa kebakaran tersebut tidak sampai mengganggu arus lalulintas dari Garut menuju Bandung maupun sebaliknya.

"Tadi proses pemadaman difokuskan terlebih dahulu di titik yang berada di pinggir jalan. Di sana juga kan banyak pohon bambu yang apabila terbakar bisa saja jatuh ke jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas. Alhamdulillah sampai saat ini arus lalu lintas masih lancar," ungkapnya. (mdk/gil)

Baca juga:
KLHK Sebut Nilai Ganti Rugi Karhutla Capai Rp315 Triliun
Ratusan Personel Gabungan Padamkan Kebakaran di Gunung Lawu
Luas Area Terbakar di Gunung Arjuno Mencapai 3.000 Hektare
Polda Riau Tetapkan PT Tesso Indah Estate Tersangka Karhutla
Polisi Tangkap Dua Tersangka Pembakar Pegunungan Ijen
Asap Kebakaran Hutan di Australia Sampai ke Selandia Baru

TOPIK TERKAIT