1 Orang KSB Tewas usai Kontak Tembak dengan TNI di Hitadipa Papua

1 Orang KSB Tewas usai Kontak Tembak dengan TNI di Hitadipa Papua
pistol. ©2012 Merdeka.com
PERISTIWA | 28 Februari 2021 12:56 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Kontak tembak Prajurit TNI dengan Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) kembali terjadi pada Minggu (28/2) dini hari sekitar pukul 00.15 WIT di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa menjelaskan, kejadian ini terjadi saat perpindahan pasukan di mana dua orang KSB menembak dari arah belakang sehingga terjadi kontak tembak.

"Satu orang berhasil dilumpuhkan. Sedangkan satu orang lagi lari meninggalkan temannya sambil membawa senjata. Dari pihak TNI tidak ada korban," kata Suriastawa dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan, kejadian ini menunjukkan bahwa KSB terus aktif mengganggu pos dan aktivitas TNI termasuk di tengah malam. Selain itu, motif dari aksi KSB ini selalu sama.

"Motifnya selalu begitu, yang selamat selalu membawa kabur senjata temannya, kemudian diunggah di media sosial bahwa korban adalah warga sipil," ungkapnya.

Suriastawa pun yakin, korban yang tewas itu merupakan bagian dari KSB. Sebab kata dia, saat korban diserahkan ke tokoh masyarakat Kampung Titigi pagi ini, masyarakat setempat tidak mengenali identitas korban. Saat ini, identitas korban pun masih sedang didalami.

"Saat ditanya korban dari kelompok siapa, tidak dikenal oleh masyarakat Kampung Titigi. Selain tak dikenal warga di lokasi kejadian, tidak mungkin warga yang baik menembaki pergerakan aparat TNI di tengah malam. Ini menambahkan keyakinan bahwa yang bersangkutan dari KSB," Imbuhnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Rumah Kasir Kafe RM, Korban Tewas Ditembak Bripka CS Mulai Ramai Pelayat
Wagub DKI Ancam Sanksi Kafe Nakal Kelabui Petugas agar Buka Sampai Larut Malam
Bisa Buka Sampai Larut Malam, Ternyata Kafe RM Cengkareng Kelabui Petugas
Kapolri dan Wakapolri Kirim Ucapan Duka Cita untuk Keluarga Korban Penembakan
Satpol PP Jakbar Bantah Loloskan Pengawasan Prokes Kafe Lokasi Penembakan Cengkareng

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami