1 Orang Positif Corona, Warga Pondok Kacang Barat Tangsel Berlakukan Lockdown Lokal

1 Orang Positif Corona, Warga Pondok Kacang Barat Tangsel Berlakukan Lockdown Lokal
PERISTIWA | 28 Maret 2020 15:02 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Warga perumahan di Kelurahan Pondok Kacang Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan menerapkan kebijakan lockdown lokal, guna mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan perumahan tersebut. Penerapan itu berlaku efektif hari ini, sabtu (28/3).

Muhamad Dawud Arif Khan, pengurus RT setempat menjelaskan, kebijakan itu diambil berdasarkan kesepakatan seluruh warga yang ada di Perumahan di wilayah Pondok Aren ini.

"Tentu, untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Karena, sudah terkonfirmasi ada salah satu warga di Perumahan kami positif Covid-19," ujarnya di konfirmasi, Sabtu (28/3).

Dijelaskan dia, salah satu warganya, yang dinyatakan positif itu, sudah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan sejak 9 hari lalu. Namun kepastian informasi bahwa pasien positif Covid19, baru diketahui pihak keluarga kemarin.

"Yang bersangkutan masuk RS sudah 9 hari, tapi terkonfirmasinya baru kemarin. Maka kami lakukan (lockdown) agar tidak ada warga kami yang keluar khawatir menjadi carrier atau warga luar yang masuk ke lingkungan kami," ucap Dawud.

Dia memastikan, kalau satu warganya yang positif Covid-19 itu, tinggal bersama seorang anak dan istrinya. Keluarga tersebut, juga telah melakukan isolasi diri, sejak perkiraan sang kepala keluarga terinfeksi Covid-19.

"Keluarganya sangat patuh, dia mengisolasi sendiri untuk sementara ini tidak keluar rumah. Warga lainnya juga kami anjurkan begitu, termasuk orang luar tidak bisa masuk ke kawasan perumahan, kalau ada permintaan belanja online, bisa dititipkan ke petugas keamanan kami, nanti dia yang mengantar ke warga pemesan," ucap Dawud.

Menurut dia, peristiwa itu juga sudah dilaporkan pengurus lingkungan kepada Puskesmas Pondok Kacang Timur.

"Laporan ke Kepala Puskesmas di sini. Kami sudah buatkan kronologis pasien pernah berinteraksi kepada siapa saja dalam periode ini, berikut dengan kontak orang-orang yang berhubungan dengan pasien belakangan ini," tegas dia. (mdk/cob)

Baca juga:
29 Orang di Kota Depok Positif Corona, 3 Meninggal Dunia
Sudah 335 Pasien Dirawat di RS Darurat Wisma Atlet, 80 Orang Positif Covid-19
Pasien Positif Covid-19 di Sumsel Bertambah Jadi 2 Orang
Data 28 Maret, Kasus Covid-19 di Jakarta Tercatat 627 Orang
Virus Corona Merebak Luas, Hotman Paris Istirahatkan 8 Sopirnya
Jessika Iskandar Ketakutan, 3 Orang di Dekat Rumahnya Positif Covid-19

Menurut Dawud, kesepakatan lockdown lokal yang disepakati oleh 70 kepala keluarga penghuni RT 03 RW 07 ini, bukan untuk membuat orang cemas.

"Ini adalah upaya pencegahan yang bisa kami lakukan. Lingkungan kami kemarin langsung disemprot disinfektan juga dari Puskesmas. Intinya kami juga aktif berupaya melakukan pencegahan, maka kebijakan lockdown lokal ini kami terapkan," tandas Dawud.

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami