1 Orang Sembuh, Walkot Tasik Harap Jadi Motivasi Pasien Positif Corona

1 Orang Sembuh, Walkot Tasik Harap Jadi Motivasi Pasien Positif Corona
PERISTIWA | 4 April 2020 07:36 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Kabar sembuhnya seorang pasien Covid-19 di Kota Tasikmalaya disambut gembira oleh semua pihak. Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menyebut bahwa hal tersebut harus menjadi motivasi bagi pasien lainnya.

"Alhamdulillah satu orang sudah sembuh dan Insyaallah akan segera keluar (rumah sakit). Ini harus jadi semangat dan motivasi bahwa virus ini bisa sembuh. Kabar sembuhnya satu pasien positif itu akan membuat pasien lainnya yakin bahwa virus corona dapat diobati. Kita juga berdoa agar semua pasien lain dapat sehat kembali," sebutnya, Jumat (3/4).

Budi mengungkapkan bahwa dalam menangani wabah corona masyarakat harus memiliki kesadaran penuh dalam mengikuti setiap anjuran dari pemerintah. Setiap anjuran sendiri dibuat pemerintah agar tidak terlalu banyak yang terpapar, karena jika banyak kesiapan media yang ada tidak akan bisa menanggulangi.

"Kondisi ketika pasien banyak dan tenaga medis minim adalah sesuatu yang bahaya, sebab akan banyak pasien yang tak mendapat pelayanan medis dengan maksimal. Makanya masyarakat harus selalu di rumah agar tidak terlalu banyak pasien yang harus dirawat petugas medis," ungkapnya.

Penanganan Covid-19, menurutnya tidak akan maksimal hasilnya jika hanya mengandalkan pemerintah saja. Dalam penanganan Covid-19, yang paling penting adalah sadarnya masyarakat untuk tidak keluar rumah, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan menggunakan alat pelindung diri berupa masker jika terpaksa harus keluar rumah.

"Dan imbauan pemerintah tak akan berdampak jika warga tak memiliki kesadaran. Percuma pemerintah koar-koar, memantau perbatasan, kalau kesadaran warga tidak ada. Kalau 30 hari kita menahan diri, kita pasti bisa melewati wabah ini dengan cepat," ungkapnya.

Sebelumnya, satu orang pasien positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya diketahui sembuh dan dua lainnya membaik saat menjalani proses perawatan di salah satu rumah sakit. Hal tersebut pun dikonfirmasi oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, dari lima pasien positif Covid-19, satu orang sudah dinyatakan sembuh dan besok atau lusa dapat pulang ke rumahnya.

"Insyaallah sembuh, sudah ada hasil swab. Yang dua tinggal tunggu hasil swab, tapi kondisinya terus membaik" katanya, Rabu (1/4).

Untuk dua orang pasien yang kondisinya membaik, dia mengungkapkan, saat ini sudah tidak diinfus dan bisa beraktifitas normal walau berada di ruang isolasi. Untuk memastikan kondisinya, petugas medis akan segera melakukan tes laboratorium dan swab guna memastikan kondisi keduanya.

"Jika telah dipastikan negatif, dua pasien itu akan diperkenankan pulang ke rumahnya masing-masing. Jadi masyarakat juga harus membangun optimisme di tengah wabah Covid-19, karena ternyata ini (Covid-19) bisa diobati, bisa kita tangani hingga sembuh. Kita harus bangun optimisme itu," sebutnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Update Covid-19 Nasional 3 April 2020: 1.986 Positif dan 134 Orang Sembuh
Kabar Gembira, 5 Pasien COVID-19 di Magetan Dinyatakan Sembuh
4 Pesohor Dunia Ini Sembuh dari Covid-19, Pangeran Charles hingga Paulo Dybala
Update Covid-19 di Jakarta 3 April 2020: 909 Positif dan 54 Sembuh
Satu Bulan, 11 Pasien di Jabar Sembuh Covid-19
Bahagia Sembuh dari Corona

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami