10 Ribu Massa Diprediksi Ikut Reuni 212, Polisi Pastikan Tak Ada Pengamanan Khusus

PERISTIWA | 30 November 2019 13:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, telah berkoordinasi dengan panitia penyelenggara kegiatan reuni 212. Menurut Gatot, 10 ribu massa diprediksi menghadiri acara digelar di Kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Senin (2/12), dimulai sejak pukul 02.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB.

"Ini kegiatan keagamaan ya lebih kurang kalau kita informasikan 10 ribu orang yang datang," kata Gatot di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (30/11).

Gatot memastikan polisi siap mengamankan acara sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Namun dia menyebut tak pengamanan spesial acara tersebut.

"Kami sudah siap semuanya. Pengamanannya tidak ada yang spesial," ujar dia.

Sebelumnya, Gatot menerangkan, reuni 212 merupakan kegiatan keagamaan biasa, sehingga kepolisian juga hanya memberikan pengamanan biasa.

"212 Kegiatan keagamaan, jadi kegiatan yang biasa saja. Tentu kalau ada kegiatan keagamaan nanti mereka memberitahukan kepada Polri, ya kita akan melakukan kegiatan pengamanan," kata Gatot di Mapolda Metro Jaya, Selasa (26/11).

Lebih lanjut, Gatot juga tidak menyiapkan pasukan khusus untuk mengamankan kegiatan tersebut. Dia meminta masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan terhadap acara reuni 212.

"Enggak perlu kita terganggu dengan kegiatan tersebut, kita khawatir kegiatan tersebut, enggak, ini kegiatan seperti keagamaan yang biasa dilakukan," ucap Gatot.

Jenderal bintang dua itu berharap, reuni 212 dapat berjalan dengan damai serta tidak mengganggu aktivitas dan ketertiban masyarakat lainnya.

"Kita berharap kegiatan ini kan kegiatan keagamaan, kegiatan-kegiatannya tentunya kegiatan yang tidak memprovokasi atau kegiatan lainnya yang dapat menimbulkan terjadinya gangguan keamanan," ucap Gatot.

Reporter: Ady Anugrahadi

Baca juga:
Hidayat Nur Wahid Pastikan Hadir di Reuni 212
Wapres Ma'ruf Berpesan ke Peserta Reuni 212: Jangan Merusak Suasana Kondusif
Tangkal Kabar Hoaks dan Provokatif, Polisi Patroli Siber Jelang Reuni 212
Wapres Ma'ruf Amin: PA 212 Sudah Selesai
Wamenag Tak Larang Reuni 212: Namanya Berkumpul dan Bersilaturahmi
Jika Izin Diberikan, Polri Minta Reuni 212 Hormati Hak Masyarakat Umum
Mabes Polri Keluarkan Izin Aksi Reuni 212 di Monas

(mdk/gil)